Rabu, Juni 19, 2013

Traditional Banana Custard




Ini adalah salah satu dessert yang resepnya ngak sengaja di bikin sendiri....hehe....rasanya enak lembuuttt banget......si adek yang bungsu suuuka.^_^
Sebenarnya dessert ini di buat juga dalam rangka menghabiskan stok pisang dari ibuk.....bingung mau bikin apa....idenya dapat dari resep talam pisang yang pernah saya posting sebelumnya.Kenapa kok di sebut tradisional custard?karena saya untuk cairannya pakai santan segar.

Banana Custard
Resep: idaaryo

Bahan:
 800 ml santan dari 1 butir kelapa parut
 2 lembar daun pandan,simpulkan
 130 gr tepung beras
  50 gr tepung kanji
 1/2 sdt garam
 200 gr gula palem
 50 gr gula pasir
 4 buah pisang raja nangka,kupas,potong membujur 2 bagaian,potong melintang 1/2 cm
 daun pandan secukupnya,potong membujur 2 bagaian,potong menyerong 5 cm
Cara membuat:
  1. Rebus santan dan daun pandan hingga mendidih,angkat,biarkan hingga suam-suam kuku.Sisihkan.
  2. Campur tepung beras,tepung kanji,garam,gula palem,dan gula pasir,aduk rata.Tuangi santan sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata.
  3. Siapkan ramekin atau wadah takir kecil(kira-kira volume 150 ml),isikan pisang yang sudah di potong-potong kira-kira 2 sdm penuh,lalu cairan custardnya dan beri atasnya 1lembar potongan daun pandan.Lakukan sampai pisang dan cairan custard habis.
  4. Kukus  dalam dandang panas dengan api sedang selama 30 menit hingga matang.Angkat.
  5. Sajikan dalam keadaan hangat.




Banana custard ini cocok juga untuk anak balita,rasanya pun dengan manis sedang.Kalo sedang menderita radang tenggorokan juga cocok.Heemmm apalagi seperti sekarang ini,sedang musim hujan enaknya makan yang hangat-hangat,
Saran saya jika mengunakan wadah dari takir alangkah baiknya alasi bagaian bawah mengunakan loyang persegi ukuran 10x20x4 cm.Selain agar bentuknya tetap rapi hal ini juga menghindari dari bocornya wadah yang terbuat dari daun pisang sendiri.

Untuk pisang bisa mengunakan jenis pisang kepok,pisang raja atau pun pisang tanduk.Atau kalau jika dirumah punya stok pisang ambon pun juga boleh.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...