Selasa, Juni 18, 2013

Soto Banjar




Bikin soto banjar ini sudah seminggu yang lalu,tapi baru sempat posting sekarang.Kebetulan juga pas weekend kalo bikin masakan yang ribet bin njlimet seperti soto yang satu ini.Gimana ngak njlimet,kan juga nyiapin kondimennya yaitu perkedel.Nah kalimat yang terakhir tadi semua di keluarga saya suuuuuka.

Terkadang kalo mau bikin soto yang itu-itu saja juga bosan,makanya dibuat variasi agar anak-anak dan suami juga ngak bosan.Kalo suami sih ngak pernah komplain mau dimasakkan menu apa asal ngak pedes saja.Anak-anak malahan yang sering rewel.....hehe....

Sebenarnya dulu saya punya dua resep soto banjar,ngak tau juga yang satu dimana.Akhirnya resep inilah yang sering saya pakai.Resep yang satu ini saya dapat dari majalah Femina.Kok Femina???pasti gitu ya pertanyaannya....hehe....Terus terang kalo dari majalah yang satu ini rata-rata resep masakan ataupun baking yang saya praktekkan mostly berhasil,jarang banget gagalnya.Asaaaaaal patuhi instruksi yang ada di dalam resep.Walaupun kadang ada beberapa bahan-bahannya sulit di dapat di kota kecil tempat saya tinggal.

Soto Banjar
Resep:majalah Femina

Bahan:
750 gr ayam kampung muda,potong menjadi 4 bagaian
3 L air
8 lembar daun jeruk 
3 batang serai,ambil bagaian putihnya,memarkan
3 cm lengkuas,memarkan
10 cm batang kayu manis
Minyak untuk menggoreng dan menumis
100 gr suun,rendam air panas hingga setengah lunak,tiriskan
6 butir telur ayam rebus,masing-masing potong membujur 4 bagaian
Perkedel kentang

Bumbu,haluskan:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 sdt garam
1 sdt merica butiran
5 cm jahe
5 cm kunyit bakar

Taburan:
Bawang merah goreng
Bawang putih goreng
Daun seledri iris

Pelengkap:
Ketupat kandangan------>bisa pakai lontong atau nasi
Sambal rawit merah
2 buah jaruk nipis ambil airnya
Cara membuat:
  1. Rebus ayam bersama air,daun jeruk,serai,lengkuas,dan kayu  manis,didihkan.Angkat,sisihkan.
  2. Panaskan 50 ml minyak goreng,tumis bumbu halus hingga harum.Angkat.Masukkan ke dalam air rebusan ayam,aduk rata.Masak ayam hingga matang,angkat.Tiriskan,sisihkan kaldunya.
  3. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan,angkat.Suwir-suwir daging ayam,sisihkan.
  4. Penyelesaian:Letakkan suun,telur ayam,perkedel kentang,dan ayam suwir dalam mangkuk.Siram dengan kaldu panas,beri bahan taburan.
  5. Sajikan panas disertai dengan pelengkap.




Saat merebus bumbu dan air rebusan ayam,gunakan api kecil sekali agar air kaldu yang dihasilkan benar-benar mengeluarkan aroma dan rasa gurih khas kaldu alami.Untuk resep perkedel sengaja tidak saya sertakan,bisa pakai resep perkedel andalan masing-masing.

Untuk resep di atas bisa untuk 12 porsi....banyak kan.Kalau tidak habis,bisa dipanasi dan dibuat sarapan keesokan  hari.Jika dirasa terlalu banyak untuk resep diatas bisa pakai setengah atau bahkan seperempat resep saja.Sesuikan dengan selera saja.^_^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...