Kamis, Juni 20, 2013

Roti Maryam





Pertama kali makan roti maryam dulu....duluu banget,ketika mulai kuliah di Surabaya.Di ajak sama putri yang punya kos-kosan.Waktu di ajak nyoba sih sebenarnya males banget,Lia nama anaknya lucuu banget.Maklum anak ABG...^_^
Karena Lia pinter meyakinkan saya mau akhirnya,berdua dengan teman kosan juga.Lia bilang ini roti arab mba'enak banget,makannya ntar sama gulai kambing begitu dia bercerita.

Whuuuuuuuuuuat,roti arab apa pula nih?????di makan sama gulai kambing......whuuuuuuuuat menu model baru dari mana pula.Heeeheeee,karena yang saya tahu namanya gulai ya di makan pakai nasi atau pakai lontong gitu.Yaaa maklumlah literatur kuliner saya payah.Kami sekeluarga jarang banget jajan.Ibu lebih sering membuat makanan sendiri ketimbang membelikan kami kue atau macam makanan yang lain.Lebih mengenyangkan dan lebih sehat kalau bikin sendiri.Puuuuuaaasss makannya.

Lia mulai tahu gelagat saya dan teman saya ragu dengan ceritanya.Dia mengeluarkan jurus jitunya,udah mba'gini aja wis ntar kalo ngak enak Lia aja yang bayar.Tapi kalo enak mba'berdua yang bayar,begitu Lia mengeluarkan jurus bargainingnya.......o la..la...anak ini kecil-kecil mau ngerjain orang tua....he...heeee.......



Itu adalah sekelumit cerita saya belasan tahun yang lalu,yang membuat saya jatuh cinta untuk pertama kalinya dengan roti maryam.Beberapa waktu yang lalu sempat googling resep roti maryam,tapi ribet-bet liat stepnya(sayanya aja yang kurang telaten)......ada bahannya yang menurut saya aneh,pakai minyak sapi(apa pulak ini).

Kalo menurut saya minyak sapi adalah minyak samin.Wahhh kalo minyak samin mana ada yang di jual dalam kemasan kecil.Mau'nempil'(waduh bahasa planetnya keluar...haha)ke orang yang jual martabak telur rasanya kok ngak pantes.....
Secara ngak sengaja pas nyari-nyari resep roti maryam(lagi)ketemu diblognya mba'Vivi.Bahan-bahannya mudah didapat dan stepnya juga lebih mudah dipahami.Thank's mba'Vivi udah share resep dan caranya ya....


Roti Maryam

Bahan:
1 kg tepung terigu------>saya pakai tepung cakra
2 butir telur utuh
2 butir kuning telur
4 sdm susu bubuk
1 sdt garam
175 cc minyak goreng------>saya pakai minyak zaitun
450 cc air hangat
Margarin untuk olesan
Cara membuat: 
  1. Siapkan wadah,masukkan air,minyak goreng.Aduk dengan garpu atau whisker asal rata.
  2. Masukkan bahan kering kedalam campuran minyak,uleni sampai benar-benar kalis.
  3. Adonan siap digunakan.
  4. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng.Bagi adonan sama rata(berat kurang lebih 100 gr).Untuk ukuran standart untuk resep di atas jadinya sekitar 22 biji.
  5. Tata diloyang,olesi permukaan dengan minyak goreng(biar ngak kering).
  6. Setelah itu tutup adonan dengan plastik dan lap basah,diamkan selama 1 jam.
  7. Setelah 1 jam,tipiskan adonan(cukup ditekan dengan tangan karena adonan sudah lentur) dimeja yang sudah diolesi dengan minyak goreng agar tidak lengket.Oles rata dengan 1 sdm margarin.
  8. Kemudian gulung pelan-pelan,setelah digulung diamkan dulu biar lebih elastis(kalo saya,diamkan 1 jam biar lentur saat akan ditarik)
  9. Sebelum digulung(seperti konde),adonan yang panjang ditarik pelan-pelan biar lebih panjang.Gulung melingkar dari arah berlawanan,kemudian ketika adonan sudah ditengah adonan ditumpuk.----->kalo cara saya:adonan setelah ditarik memanjang digulung seperti obat nyamuk.
  10. Letakkan adonan tadi di atas selembar kertas nasi atau plastik atau daun pisang,agar nantinya mudah ketika dipindahkan ke wajan anti lengket.Jangan lupa sebelum dipindahkan kewajan anti lengket adonan dipipihkan dahulu kira-kira 2 1/2 cm.
Anak-anak suka sekali.Mas Atta malahan di makan sama selai blueberry,mas Thoriq dengan susu kental manis dan diparuti keju cheddar yang buuuuanyak begitu katanya.......^_^ mas Rama suka plain aja,sambil minum susu putih.Dd Nuh juga sama,maem yang plain aja.Kalo Ayah suka di cocol pakai gulai daging sapi.
 
roti maryam in progress...
 
Berikut ini juga saya sertakan resep gulainya.Aslinya memakai daging kambing,cuma ini saya ganti dengan daging sapi.Mau di ganti dengan daging ayam juga monggo saja,tapi kalau menurut saya agar nuansa arabian foodnya lebih kental,lebih afdol kalo pakai daging kambing.

Atau mau pakai kari(curry)juga boleh.Tapi saya pribadi kurang suka dengan aroma rempah yang terlalu tajam dari bubuk kari itu sendiri.Soooo....here's the recipe......

Gulai Kambing
 
Bahan:
1 kg daging kambing------>saya ganti dengan daging sapi
250 ml santan encer dari 1/2 butir kelapa parut
750 ml santan kental dari 1 1/2 butir kelapa parut
3 buah cengkih
5 cm kayu manis
2 buah kapulaga
1 batang serai,memarkan
3 lembar daun jeruk
1 sdm air asam
3 sdm minyak untuk menumis
Bumbu halus:
4 buah cabai merah
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
4 butir kemiri
1 sdt merica
1/4 sdt jintan
1/4 sdt adas manis
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
1 ruas lengkuas
 
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak,tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.Masukkan cengkih,kayu manis,kapulaga,serai,daun jeruk,air asam,dan garam.Aduk hingga rata.
  2. Masukkan daging,aduk hingga berubah warna.Tuangi santan encer dan masak hingga daging setengah matang.
  3. Tuangi santan kental,masak hingga matang,dan santan mulai mengental.Angkat.
Jika dirasa dengan resep gulai diatas terlalu banyak,pakai setengah resep saja.Kalau suka pedas bisa di tambahkan cabai rawit merah pada bumbu halus.
 

 


 

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...