Rabu, Juni 05, 2013

Tim Tahu Telur



Tahu lagiiii???yaa lauk satu yang berbahan dasar kedelai ini nggak pernah membosankan.Cocok untuk balita yang baru belajar makan.Tapi diatas 12 bulan ya usianya,kalo dibawahnya takutnya kekebalan tubuhnya belum begitu kuat,karena pada bahan tim tahu telur ini terdapat telur ayam yang bisa memicu alergi.
Ini buatnya malam,keliatan kan dari fotonya......anak-anak sukaaaa sekali.Bau kaldunya itu sungguh syeeedap.Mantaaappppp.....dan bau amisnya sama sekali ndak ada.

Tim Tahu Telur
Recipe:Saji edisi Pemula 2007

Bahan:
1/2 buah(150 gr)tahu,haluskan
5 butir telur
700 ml air kaldu ayam----->saya pakai kaldu daging sapi
50 gr ayam giling------>saya pakai daging dari kaldu yang saya suwir kecl-kecil
3 siung bawang putih,haluskan
1 sdm angciu----->saya ganti minyak wijen
1 sdm kecap ikan----->saya tidak pakai
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
2 batang daun bawang,iris halus
Cara membuat:
  1. Kocok lepas telur.Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
  2. Masukkan tahu,ayam giling,bawang putih halus,minyak wijen,kecap ikan,garam,merica bubuk dan gula pasir.Aduk rata.Tambahkan daun bawang.Aduk rata.
  3. Tuang di pinggan tahan panas.
  4. Kukus selama 30 menit dengan api kecil sampai matang.
Telur sebaiknya tidak ditim/ dikukus sendirian tanpa menambahkan cairan.Telur yang dikukus langsung,akan keras hasilnya.Encerkan dengan kaldu,santan atau susu cair.Makin banyak cairannya,makin lembut hasil tim telurnya.Tim telur juga dapat dikombinasikan dengan daun singkong rebus,daun bayam,atau wortel.Hemmm...lezaattt.

Kocok telur sampai lepas.Kalau ada busanya,buang dulu busanya.Agar tim telurnya tidak berlubang-lubang.Tuang cairan sedikit demi sedikit sampai teraduk rata.Kalau cairan dituang sekaligus,cairan tidak akan tercampur rata.Akibatnya setelah jadi,akan ada cairan dibawahnya.Wadahnya tidak harus pinggan tahan panas atau mangkuk kaca,takir dari daun pisang juga malah menghasilkan aroma tim telur yang sedap.
Ahhhhh jadi pingin bikiiiinnn.......^_^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...