Sabtu, Agustus 16, 2014

Tiger Bread



Assalamu'alaikum.......Apa kabar minggu pagi ini?Aktivitas apa yang anda lakukan kalo liburan seperti ini?Jalan-jalan menghirup udara pagi sambil jogging? Sepedaan bersama keluarga tercinta?Atau justru bergelung selimut dan bermalas-malasan?.....hihihi,pertanyaan yang terakhir tadi yang sering saya lakukan kalo libur hari minggu.Bisa agak santai sejenak tidak seperti hari biasanya.Biasanya setelah sholat subuh saya bergelung selimut lagi ngeloni si bungsu.Toh juga nga'tiap hari*berdalih*.Pun kalo hari libur bisa nego dikit dengan menu sarapan anak-anak.Anak-anak kalo libur biasanya memang sarapan yang tidak terlalu berat seperti halnya hari-hari sekolah.Yang sering sih roti bakar,sereal atau oats.Baru nanti sekitar jam 9nan keatas makan agak berat.Seperti halnya bikin roti ini sudah diniati banget malam hari kalo besok mo'bikin roti.Lama banget nga'ngeroti.Karena beberapa hari sebelumnya mantengi resep  tiger bread.Pengen sampai kebawa mimpi.Dulu inget pas diKediri adek saya beli roti tiger bread ini untuk ibu.Sesuai bayangan saya ketika mencicipi roti yang dibeli adek ini manis(walau ga'terlalu).Makanya jadi pengen buat sendiri.Pada dasarnya saya masih suka kalo roti bikinan sendiri.Mulai dari proses menimbang bahan,ngadon(walau hal ini lebih sering saya lakukan pakai mikser daripada pake LG),proffing sampai proses pemangangan.Hemmmm harum roti keluar dari oven yang susah dilukiskan dengan kata-kata.It's wondering.Walau untuk membuatnya butuh effort tersendiri,ada kelegaan tersendiri.Menikmati roti yang masih hangat yang baru keluar dari oven.Berbeda kalo kita beli dari toko roti atau bakery shop.


 Entah penampilan roti diatas layak apa tidak diberi nama TIGER BREAD.Malu juga sebenarnya menampilkannya diblog,hihihi.Atau anggap saja saya posting dalam rangka menuh-menuhin blog*glekkkkkk*.Sebenarnya saya juga ingin menunjukan bahwa tidak selamanya baking itu mulus sempurna.Kalo bikin selalu jadi sesuai resep.Oh my.......ya itulah namanya belajar.Saya sendiri juga tidak tau kenapa punya sifat maruk kalo bikin sesuatu.Kalo misal nemuin resep dibuku atau diweb teman blogger dengan pd yang to the max pasti langsung saya kali kan 2.Dengan asumsi,saya kan keluarga besar nanti kalo cuman bikin 1x resep pasti kurang,daripada bolak-balik bikin sekalian deh bikin resep dikali 2 aja pikir saya.Namun semua itu tak selalu berjalan mulus.Kadang semua berakhir ditempat sampah.Hikssssss.......
Seperti bikin tiger bread diatas,padahal untuk 1resep saja mbayangin sudah banyak.Tapi resep langsung saya kali 2.Karena saya agak khawatir kalo cuman bikin 1 resep nantinya adonan pasti banyak yang nempel dimikser,soalnya saya pake mikser yang heavy duty.Dengan sotoy pula cairan langsung saya tuang semua.Dan taraaaaaa,kelembekan.Akhirnya tambah tepung deh,gak banyak sih cuman sampai kalis dan gak kelembekan saja pokoknya.Dan bisa dipastikan proffingnya jadi lama dikit karena penambahan tepung tadi.Untung saja(hebat nih masih bisa bilang untung....hihihi) cuaca kan lagi hangat,jadi agak terbantu.Saran saya jika anda membuat roti ikuti instruksi secara seksama,tuang cairan dikit-dikit.Jika sudah terlihat kalis hentikan penambahan cairan.Misal di resep cairan 300ml,ngk semua harus kita masukkan ke bahan kering.Karena kelembaban tepung disuatu tempat beda-beda.



Yukk segera saja simak resepnya yaaa.....

TIGER BREAD
Source:Sedap,variasi roti lezat dan cantik
Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
25 gr susu bubuk
50 gr gula pasir
5 gr ragi instant
300 ml air es-------bisa disubtitusi dengan susu cair dingin
7 1/2 gr garam
50 gr mentega putih
Bahan Olesan I:
25 gr tepung beras
2 gr ragi instant
50 ml air
15 gr tepung roti
1/4 sdm gula pasir
Bahan Olesan II:
1/4 sdm gula pasir
1/4 sdm tepung terigu
1/4 sdm susu bubuk
1/2 sdm minyak goreng
Cara membuat:

  1. Aduk tepung terigu,susu bubuk,gula pasir,dan ragi instant.Tambahkan air es sedikit demi sedikit lalu uleni sampai kalis.
  2. Masukkan garam dan mentega putih.Uleni lagi sampai elastis,diamkan 30 menit.
  3. Aduk bahan olesan I.Diamkan 20 menit.
  4. Bagi 2 adonan roti.Giling tiap adonan.Gulung hingga berbentuk oval.Sisihkan.
  5. Aduk bahan olesan I dan II lalu oles keatas roti.Diamkan adonan 1 jam sampai adonan mengembang 2 kali lipat.
  6. Oven 30 menit dengan suhu 190'C.


duhhh bisa gak kayak gini disebut TIGER BREAD???


Untuk rasa lumayan enak kok.Padahal duhhhh dibuku resepnya aja penampilannya canteeeekkk.Kenapa ditangan saya jadi ancuurrr.Ngak juga sihh,buktinya masih bisa dimakan(baca:menghibur diri).Hehehe.......anak-anak sama suami ternyata rekuest lagi loh.Tuhh kan benerr kalo ngeroti itu bikin nagih.

kurang lamaan ngoven,jadi pucet gitu tigernya

Happy baking all.......next time better dehhh,inshaALLAH.Amiin.....

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...