Rabu, Agustus 27, 2014

Carrot Cake







Assalamu'alaikum.......Hemmmm cake wortel.Ini kali ke-2 saya bikin yang namanya cake wortel atau bahasa bulenya CARROT CAKE.Dulu yang pertama kali bikin yang versi potong(seperti mini cake).Enaak juga ada kombinasi kacang-kacangannya dan dicampur sama kelapa kering parut atau decicated coconut.Nah kalo yang ini bikin karena saya ikut grup masak onlinenya mb Atyk Murtiningsih.Secara nga'resmi sih.Tapi pas minggu kemaren mb Atyknya ngirim resep lewat bbm.Harusnya sih bikinya sudah hari minggu kemaren.Berhubung lagi ada keperluan ditangguhkan dulu.Jadilah bikinnya baru hari selasa kemaren.Untuk cheese frostingnya saya ndak pake.Anak-anak kurang menyukainya.Kalo cake-cake yang beginian mereka cenderung suka pake butter cream spesial bikinan saya.Mereka lebih prefer kalo yang namanya krim cheese itu dibikin cheese cake....hehehe



CARROT CAKE
Source : Atyk Murtiningsih

Bahan :
225 gr margarin-------saya pakai 70 gr butter dan sisanya pake margarin
200 gr gula pasir halus-------menurut saya kemanisan,bisa pakai 175 gr
1/4 sdt garam
6 kuning telur
3 putih telur
225 gr tepung terigu------saya pakai tepung KUNCI BIRU
1/2 sdt baking powder-------kalo anda pakai BPDA,pakai saja seperuh dari resep
200 gr wortel,diparut
75 gr kismis
Bahan Olesan,optional------->kocok rata :
200 gr cream cheese lembutkan
100 gr mentega tawar
2 sdm susu kental manis putih
1/8 sdt garam
Cara membuat :

  1. Kocok margarin,gula pasir halus dan garam sampai lembut.Tambahkan telur satu per saru bergantian dengan terigu dan baking powder sambil diayak sebagian.
  2. Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder,aduk rata.
  3. Tambahkan wortel dan kismis,aduk rata.
  4. Tuang ke dalam loyang bulat diameter 22 cm,tinggi 4 cm yang sudah diolesi dengan margarin dan dialasi dengan kertas roti.
  5. Oven dengan suhu 180'C selama 40 menit.Setelah matang belah cake melintang menjadi dua.
  6. Olesan :kocok mentega dan garam selama 1 menit,masukkan cream cheese kocok kembali.Masukkan susu kental manis dan kocok kembali.
  7. Ambil selembar kue,oleskan bahan olesan.Tutup dengan sisa kue.Oles ke seluruh permukaan kue.





Untuk pemakaian wortel bisa disesuaikan dengan selera.Untuk resep diatas saya pakai wortel lokal saja.Lama pemanggangan juga tergantung oven masing-masing.Karena saya pakai otang,jadi nga' ada pengatur suhunya.Dalam hal ini lebih mengutamakan feeling.Terus terang saya kemaren hampir satu jam lamanya mengoven.Kalo menurut saya cake ini lumayan enak,walau tanpa penambahan kayu manis bubuk seperti resep carrot cake pada umumnya.O iya bisa juga lo ini untuk andalan jualan anda.Untuk mb Atyk terima kasih sudah mau share ilmunya.^_^

4 komentar:

Hesti HH. mengatakan...

Woooooowww...cakeeep mbak Ida, taburan kejunya bikin ngileeeeer ^^

Unknown mengatakan...

Mba Hesti senengnya dikasih komen sama"master".Hehe iya mb mau pake cheese frosting anak-anak pasti ndak suka.Hehe iya kurang banyak juga parutan kejunya.Btw agak terlalu manis menurutku cakenya,mungkin kalo gulanya direduce sebesar 25gr pas kali ya manisnya.Makasih ya mb sudah mampir.Hugss

Anonim mengatakan...

Selalu meneteskan air liur foto-fotonya,lightingnya lumayan bagus untuk seorang pemula.ANDRI

Unknown mengatakan...

Terima kasih pujiannya,membuat saya bersemangat untuk berkarya.Dan terima kasih sudah mau berkunjung mas Andri

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...