Senin, Agustus 04, 2014

Semprit Cookies



 Saya kalo menyebut cookies ini adalah cookies kenangan.Saya masih ingat benar waktu itu saya masih seorang gadis kecil.Setiap kali pakpuh(pakde,kakak laki-laki dari ibuk)gajian selalu membelikan cookis jenis ini.Dulu bahan utamanya adalah tepung dari jenis umbi-umbian yang bernama garut.Begitu digigit langsung lumer dimulut.Seiring dengan berkembangan jaman mungkin budidaya tanaman garut kurang menguntungkan jadi lambat laun tanaman ini makin bergeser dan menjadi langka.Ditempat saya Kediri cookies ini namanya mawaran,ya memang bentuknya seperti bunga mawar.
Cookies ini selalu hadir setiap lebaran.Tidak pernah absen.Cuma beberapa tahun ini saja absen,Ibu sudah ndak pernah bikin.Alasan beliau adalah"ndak ada yang makan toh biscuit buatan pabrik juga banyak dijual".Padahal cucu-cucunya terutama putra saya yang no.1 pengemar berat makanan buatan neneknya.Apapun buatan ibu saya dialah pengemarnya....heheh.


Sampai kurang lebih beberapa tahun yang lalu putra saya ngerayu neneknya,minta dibikinkan kue semprit ini.Ibu saya sudah capek sebenarnya,karena selain seorang ibu rumah tangga ibu saya adalah seorang PNS,lebih tepatnya ibu adalah seorang pendidik yang sebentar lagi akan memasuki masa purna tugas.Demi cucu tercinta tergerak ibu saya,duhh kasian sebenarnya.Dan benar-benar dibikinkan kue semprit putra saya.Walau pada akhirnya jempol ibu"kemeng"(haha apa ya bahasa Indonesianya yang tepat) karena menahan spuit.Ibu saya mencetak cookies ini memang masih pakai cara yang militan,walau diluaran sana banyak model cetakan yang praktis gak pakai sakit dan gak pake lama.Kata beliau bagus yang manual gini,ada seninya dan hasilnya pasti lebih bagus.Betul juga kata ibu,buktinya saya saja masih suka pake cara yang manual walau nantinya jempol bakal"kemeng"sampai beberapa hari kedepan.Dan begitu telatenya putra saya menungui ibu bikin cookies kesukaanya,yaa hanya dia seorang yang menungui ibu mencetak sampai dia yang memasukkan kuenya ketoples ketika sudah dingin.Jadi terharu.......


Semprit buatan kami kali ini terasa istimewa karena saya pakai vanilla bean untuk aromanya.Jadi wangi asli vanili dan bukan imitasi.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...