Jumat, Agustus 08, 2014

Ca Fumak.....enaknyaaaa



Masakan yang saya buat sendiri kali pertama masih dalam rangka edisi Syawal.Sayur ini tanpa sengaja saya beli ketika saya masih di Kediri(tepatnya sehari sebelum saya pulang kembali ke Bojonegoro).Beberapa hari dirumah ibu kami dimanjakan dengan sayuran bersantan.Anak-anak sepertinya mulai bosan,pengen makan sayur yang ijo-ijo.Ndak enak kalo mau ngrepoti ibu.Sebenarnya kalo mau sedikit kerja keras dihalaman belakang rumah Kediri ada tanaman beluntas.Tapi saya rasa anak-anak belum familiar dengan rasanya.Maka ketika hari masih pagi,setelah subuh saya dan suami pergi ke pasar besar sekalian menghirup udara segar.Dan tentu saja anak-anak masih lelap.Toh dirumah ada Uti sama Akungnya,Omnya atau Buliknya serta keponakan-keponakan saya.Bangun pun semoga ga'rewel.Hari itu saya niati masak sayur asem,sayur asem Jakarta.
Pas memilih-milih sayur untuk sayur asem,mata saya secara tidak sengaja melirik kios sayur sebelah.Rapi-rapi sayurannya ditata.Kebetulan yang jualan seorang WNI keturunan.Lengkap jenis sayurannya,ada kalian,baby kailan,selada air yang seger-seger,pokcoy,caisim,lobak yang kulitnya mulus seger dan salah satunya fumak atau siomak tadi.Karena tentengan saya sudah lumayan banyak saya beli sedikit saja.Padahal juga belum tau mau dimasak apa.Karena hari itu sudah masak sayur asem sepanci gede.


fumak atau sword lettuce
Berhubung dirumah Kediri sudah overload makanan maka sama ibu sayuran yang saya beli tadi sama ibu dibungkus plastik dan dibawakan saya kembali.Takut keburu layu ataupun busuk sayuran yang saya beli keesokan harinya segera saya eksekusi saja.Karena dari sisi harga sayuran ini harganya juga lumayan mahal.Dari beberapa artikel dan review di web fumak rata-rata memang dimasak dengan belut,dengan cara ditumis.Budidaya fumak ini juga lumayan sulit(hemm jadi ngaruh diharga juga jadinya ya),hanya mau hidup didataran tinggi.Kaya akan vitamin dan mineral(nah apa aja yaa,belum tau neh).Kalo dari cerita seorang teman,fumak ini di Chinese resto biasanya ditumis dengan tapai beras merah.Enaaaakkkk sekali begitu kata dia.Saya yang waktu itu ngk punya bayangan seperti apa fumak yang bengong aja pas dia cerita.Untuk resep tumis fumak ini saya pakai ilmu kira-kira.Seperti umumnya Chinese food bumbunya simpel tinggal tambah saus ini dan saus itu.

CA FUMAK
Resep:Ida,RaNu's Kitchen

BAHAN:
350 gr fumak,potong-potong 5cm
250 gr udang,bersihkan belah punggungnya

BUMBU:
3 siung bawang putih,geprek sampai agak hancur
1buah bawang bombay ukuran kecil,kupas potong melintang tipis
3 buah cabai merah,potong menyerong
2 sdt kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm minyak goreng,untuk menumis
1 sdt margarin,untuk menumis
gula pasir secukupnya
garam secukupnya

CARA MEMBUAT
  • Cuci bersih fumak.Sisihkan.
  • Cuci bersih udang dibawah air mengalir.Sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng dan margarin dalam wajan,tumis bawang bombay hingga harum dan agak layu,masukan bawang putih dan cabai merah.
  • Masukkan udang,aduk hingga udang berubah warna.
  • Masukkan fumak,aduk hingga agak layu.Kecilkan api,bubuhi garam(sedikit saja dulu,takutnya nanti keasinan),merica bubuk,kecap manis dan gula pasir.
  • Cicipi rasanya.Aduk sekali lagi.Matikan api.
  • Sajikan tumisan fumak dan udang hangat-hangat.

Aroma dari fumak ini sekilas mirip daun pandan,tapi kalo rasa mirip sama sayur kangkung(menurut saya lho ya)berbeda dengan review yang saya baca,rasanya seperti caisim.Kalo menurut saya fumak ini rasanya tidak berjejak sedikit pahit seperti halnya Caisim.Enak pokoknya ,recommended.



Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...