Senin, Agustus 18, 2014

Chocolate Almond Cake



Assalamu'alaikum.......Apa kabar semua,semoga selalu dalam keadaan sehat ya.Terlebih sekarang sudah musim kemarau dan panasnya begitu terik sekali.Nah karena hari sangat terik ini terkadang kita selalu pengen minum atau makan yang seger-seger.Tergoda doooong pastinya untuk minum es.Padahal seperti kita ketahui suhu luar yang begitu panas jika kita mengkonsumsi minuman dingin yang notabene adalah es merupakan salah satu pemicu dari radang tenggorokan.Apalagi selanjutnya kalo disambung dengan makan gorengan.Hemmmm belum lagi jika kondisi tubuh kita kurang fit.Semakin cepat saja penyakit flu bersarang ditubuh kita.
Resep Chocolate Almond cake adalah hasil blog walking dari blognya mb Hesti.Untuk resepnya  mb Hesti ambil dari "Completely Delicious".Kalo resep aslinya sendiri dari Julia Child. 


Kalo mb Hesti bikin cake ini dalam rangka menghabiskan stok almond groundnya,kalo saya kebalikannya.Saya dalam rangka ngehabisin DCC saya yang ada dimangkuk stainlessteel saya.Sisa dari dekor cake dengan DCC yang rupanya masih nyisa lumayan gitu.Biasanya sih anak-anak yang suka colek-colek.Mungkin kemaren masih bulan puasa,jadi perut sudah penuh dengan makanan ini dan itu.Finally ketemu resep yang oke.....

Bahan :
113 gr dark cokelat/DCC
1 sachet kopi instan 2 in 1(kata mb Hesti boleh diskip)-----saya pakai 1sdm peres Nescafe Classic
113 gr unsalted butter,suhu ruang
132 gr gula halus
1 sdm gula pasir(untuk dikocok bersama putih telur)
3 telur ukuran besar(pisah kuning dan putihnya)
1/4 sdt garam
35 gr almond bubuk
1/2 sdt vanili bubuk
57 gr tepung terigu protein rendah
Ganache :
100 ml krim kental-----saya pakai krim kental dairy merk Anchor
150 gr dark coklat/milk coklat-----saya pakai milk coklat

Cara membuat:
  1. Panaskan oven 350'F atau 175'C.Olesi loyang bulat diameter 20cm dengan mentega lalu beri alas kertas roti.
  2. Tim dark coklat sampai leleh dan licin.Tambahkan kopi instan lalu aduk lagi hingga licin.Sisihkan hingga dingin.
  3. Kocok butter dan 132 gr gula halus sampai pucat.Tambahkan 3 kuning telur dan kocok lagi hingga kental dan mengembang.Tambahkan coklat leleh.Masukkan almond bubuk,aduk asal rata.
  4. Di wadah yang lain,kocok 3 putih telur dan garam sampai berbusa.Tambahkan gula 1 sendok,sedikit demi sedikit dan terus mengocok hingga kaku.
  5. Tambahkan 1/4 putih telur ke dalam adonan.Aduk balik perlahan hingga rata.Tambahkan lagi sisa putih telur dalam 3 tahap bergantian dengan tepung terigu.Aduk asal putih telur tidak terlihat menggumpal saja.Jangan overmix.
  6. Tuang adonan dalam loyang.Panggang sampai pinggirannya mengeras tapi tengahnya masih bergoyang(ketika loyang digoyangkan bagian tengahnya masih bergoyang)sekitar 25 menit.Angkat.
  7. Biarkan diloyang selama 10 menit.Kikis bagian sekeliling pinggiran kue dan keluarkan kue perlaham taruh dirak pendingin.
  8. Ganache:Panaskan krim kental asal panas.Angkat.Masukkan potongan coklat.Aduk perlahan sampai licin.Tunggu sampai konsistensinya pas untuk dituang diatas kue(agak kental).
  9. Tuang diatas kue,ratakan.Hias sesuai selera.



Cake ini setelah matang memang permukaanya agak cekung but it's ok kok kata mb Hesti.Kalau cake diatas keliatan tinggi memang karena saya pakai 2x resep diatas,jadi tinggian dikit gitu.Benar-benar olesi loyang dengan margarin atau butter dengan rata,karena cake ini setelah matang akan lengket dan perlu dikikis sekelilingnya pake pisau tajam.Atau kalo takut cake rusak,setelah matang biarkan dingin dan masukkan kulkas supaya mudah dikeluarkan.Untuk rasa cake ini benar-benar recommended banget.Enaaaakk.....


Jazakillah buat resepnya mb Hesti*hugs*.....

2 komentar:

Hesti HH. mengatakan...

Kok jadi pengen bikin lagi yaaaaaa *glekhh*

Unknown mengatakan...

Waowaoooo,senengnya dikunjungi senior.Makasih buanyaakkk mb Hesti. Gara-gara cake ini anak-anak sama suami jadi ketagihan.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...