Rabu, Agustus 06, 2014

Steamed Glutinous Soft Cake




 Assalamu'alaikum.......Jika anda menginginkan kudapan yang gluten free mungkin ini bisa menjadi salah satu pilihan.Entah sudah berapa kali saya bikin,tapi baru kali ini saya sempat take picnya.Anak-anak dan suami suka sekali.Rasanya nga'terlalu manis dan sensasi chewy khas dari tepung ketan.Konon cake ini adalah cake nostalgia masa kecil si empunya blog yaitu mb Kristy.

STEAMED GLUTINOUS SOFT CAKE

Bahan:
150 gr tepung ketan
25 gr tepung terigu
25 gr tepung tapioka
110 gr gula pasir
200 ml air(campur dengan 1/2 sdt essence pisang)-------saya tidak pakai
1 sdt pewarna makanan merah yang beraroma mawar(campur dengan 1 sendok makan air matang)-------saya pakai pewarna merah cabai merk kupu-kupu
1 cup tepung beras sangrai selama kurang lebih 10 menit dengan daun pandan-------sisihkan dan biarkan dingin.

Cara membuat:
  1. Campur semua bahan kering dalam mangkuk besar dan aduk rata.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kental.Tuang ke dalam loyang(saya pakai ukuran 24x24x3 cm)yang sudah terlebih dahulu diolesi dengan minyak goreng.
  3. Kukus selama 15 menit dengan mengunakan api sedang.
  4. Segera setelah kue matang,angkat .Panas-panas olesi dengan pewarna merah.Sisihkan hingga agak dingin kurang lebih selama 10 menit.
  5. Setelah agak dingin,seset tepi-tepinya dengan spatula atau pisau dan mulai gulung seperti kita menggulung swiss roll(kue masih dalam loyang).
  6. Taburi sedikit dengan tepung beras yang sudah disangrai dan perlahan angkat gulungan dan pindahkan ke meja kerja yang sudah ditaburi dengan tepung beras sangrai.Masukkan cake dalam lemari pendingin selama 30 menit sebelum dipotong.
  7. Potong dan sajikan.




Maaf untuk step by stepnya seadanya ya,over exposure*gak karu-karuan picnya*semoga membantu.Karena saya keluarga besar jadi saya bikin macam-macam warna.Untuk resep diatas saya mau bikin 3x resep.Untuk warna coklat saya pakai pasta mocca,sedangkan yang warna hijau saya pakai pasta pandan.cake ini bertahan sampai 2 hari saja dalam suhu ruang.







Sengaja saya potong seperti potongan roll taart,gak terlalu tebal.Supaya waktu makannya juga ndak repot.Sekali apa 2x suap selesai....hihihi.Masalah potong-memotong juga terserah selera saja kok....Anyway resep ini very recommended lho.Hayuk coba bikin....^_^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...