Senin, Desember 29, 2014

Pie Tape




Niat awalnya mau buat cake tape resep yang diberi mba Atyk Murtiningsih,tapi ternyata setelah tapenya ditimbang  takarannya kurang seperti yang disarankan resep.Putar haluan,ternyata resep yang pas dengan jumlah tape yang saya miliki adalah resep Pudding tape bakar.Itu pun cuma separuh resep saja(nyesel juga beli tape pas-pasan begini).Ingat punya ingat, ingat resep "mba Hesti".Ya sudah pake resepnya mba Hesti saja.Suka dengan resep kulit pienya,renyah.Karena saya pakai tepung rendah protein.Jumlah tapenya saya tambah karena saya ingin fillingnya lebih dense selain itu biar gak ada sisa tape sedikitpun.Karena loyang pie saya yang bongkar pasang adanya ukuran d = 22 cm,maka sudah bisa dipastikan fillingnya sisa.Akhirnya saya oven di ramekin saja,dan jadi 2 ramekin ukuran sedang.Lain kali kalo bikin lagi biar fillingnya ngepas pakai loyang bongkar pasang d = 24 cm saja atau pakai 3/4 saja dari resep.


PIE TAPE

Bahan Kulit  Pie :

200 gr tepung terigu protein rendah
100 gr margarin
2 sdm gula halus-------saya pakai gula pasir yang sudah diblender
1/3 sdt garam
1 kuning telur
3 sdm air es (bisa kurang atau lebih)

Bahan Filling Tape :
125 gr tape singkong-------saya pakai 175 gr tape singkong
100 gr gula pasir
310 ml santan
75 gr tepung terigu
2 butir telur
50 gr margarin,lelehkan
2 sdm susu bubuk full cream
1/2 sdt vanili bubuk

Olesan :
2 kuning telur untuk olesan
kelapa parut kering/keju parut
kismis

Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu,gula,dan garam.Aduk sampai rata.Tambahkan margarin.Aduk sampai tepung berbutir-butir menyelimuti margarin.Tambahkan kuning telur sambil diaduk dengan menggunakan garpu sampai berbutir-butir.Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai mengumpal.Bungkus dengan cling wrap,simpan dikulkas selama 15 menit.
  2. Keluarkan dari kulkas,giling pipih diatas plastik supaya tidak lengket.Cetak mengunakan ring besar/kecil lalu pindahkan ke dalam cetakan pie.Tusuk-tusuk dengan garpu.Panggang dengan suhu 180'C/ 350 F selama kurang lebih 15 menit.Sementara kulit pie dipanggang buat adonan filling tape.
  3. Remas-remas tape singkong dan gula pasir hingga lembut.Masukkan telur dan margarin,aduk rata mengunakan whisk.
  4. Masukkan terigu,susu bubuk dan vanili.Aduk hingga rata.Kemudian menyusul masukkan santan.Aduk sampai tercampur rata.
  5. Tuang diatas pie.Panggang kembali selama 15 menit atau sampai permukaanya sudah agak set.Olesi kuning telur taburi kismis dan kelapa parut.








Di luar dugaan anak-anak sukaaaa,dan sore itu kami menikmati sepotong pie ditemani teh hangat sambil memandangi rintik hujan.Tanpa terasa tinggal setengah loyang.Mba Hesti dan mba Ayu Mulyasari terima kasih atas inspirasinya.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...