Sabtu, Desember 20, 2014

Klepon Ubi Ungu




Dibuat penasaran dengan rasa klepon ubi ungu.Sudah beberapa bulan yang lalu saya bikinnya.Baru tadi ketemu fotonya.Saking gondrong kelapa parutnya sampai tak terlihat mana kleponnya kan? Saya memang lebih suka kalo klepon dibalut dengan kelapa parut kukus yang tebal,selain memberi rasa gurih yang lebih juga membuat penampilan klepon menjadi cantik (menurut saya).Di internet sangat banyak resep klepon ubi ungu yang beredar sampai bingung mau pilih resep siapa.Tapi saya ingat kalo punya buku resep tumpeng yang juga ada resep beberapa kue tradisionalnya.Selain itu saya juga sudah pernah bikin tapi versi yang biasa (warna hijau).

KLEPON UBI UNGU
taken : Buku resepTumpeng dan pelengkapnya oleh Yeni Ismayani dan Cucu Cahyana

Bahan :
200 gr tepung ketan
200 ml santan hangat
100 gr ubi ungu kukus,haluskan
150 gr gula merah sisir halus
Kukus :
1/2 butir kelapa parut setengah tua,kupas kulit arinya lalu parut memanjang
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan

Cara membuat :

  1. Aduk rata tepung ketan,santan dan ubi ungu kukus yang telah dihaluskan hingga kalis.
  2. Ambil sedikit adonan,isi dengan gula merah lalu bentuk bulat.Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  3. Rebus air hingga mendidih,masukkan adonan yang dibulatkan.Rebus hingga terapung,angkat dan tiriskan.
  4. Gulingkan klepon pada parut,sajikan.



Makan klepon ini cepat bikin kenyang,karena selain berbahan dasar tepung ketan juga diberi tambahan ubi ungu.Enaakkk.......

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...