Senin, Desember 01, 2014

Puding Cassablanca (Agar bakar)




As usual bikin puding jarang banget dikasih yang namanya telur.Tapi demi puding yang satu ini dan karena akhir-akhir ini agak happening,dibela-belain bikin.Padahal volunteernya siapa juga belum tau.Wah jangan-jangan pasti diprotes hubby.Selain itu juga liat judulnya lumayan asing ditelinga saya.Puding bakar(apa coba?),eh pakai nama cassablanca pula.Seingat saya casablanca adalah sebuah judul film dan pula nama sebuah kota pelabuhan kecil di Negara Maroko.Apa hubungannya?Ngak ada.Hehehe.......ternyata setelah nanya mba Hesti dikasih nama cassablanca supaya keren dan bikin penasaran saja,hehehe ahh mb Hesti becanda muluuuu....Resep aslinya bisa liat disini.

PUDING CASSABALNCA (Agar bakar)

Bahan :
6 butir telur
3 bungkus agar-agar warna putih @7 gr
100 gr margarin,lelehkan
75 gr tepung terigu
1/2 kaleng susu kental manis putih
420 gr gula pasir
1800 ml air
40 gr cokelat bubuk
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Kocok 220 gr gula pasir,telur dan vanili sampai mengembang.Turunkan susu kental manis sambil dimikser dengan kecepatan rendah.Berikut turunkan tepung terigu,kocok rata.Lalu margarin cair,aduk rata.Sisihkan.
  2. Masak agar,air dan 200 gr gula pasir sambil terus diaduk sampai mendidih.Tuang ke dalam adonan telur sambil diaduk cepat sampai rata.Bagi dua adonan.Satu bagian ditaambahkan cokelat bubuk(yang sudah diencerkan dengan sedikit air panas).
  3. Siapkan pinggan tahan panas(saya pakai loyang ukuran 24x24 x7 cm).Olesi dengan margarin agak tebal.Tuang adonan putih/cokelat dahulu.Biarkan permukaannya sedikit membeku.Jangan lupa untuk mengaduk terus adonan yang lain agar tidak membeku sebelum dituang diatas adonan pertama.Penting untuk diingat,tuang adonan kedua diatas adonan pertama secara perlahan sedikit demi sedikit untuk menghindari tercampurnya adonan yang belum mengeras.
  4. Panggang dengan suhu 175'C sampai muncul gelembung dipinggiran puding,yang menandakan pudingnya mulai mendidih.Jangan khawatir kalau pada pinggirannya adonan yang pertama naik keatas.
  5. Angkat puding.Hilangkan uap panasnya.Simpan dilemari pendingin.Potong-potong,sajikan.





Diluar dugaan saya puding ini laris manis,bahkan anak-anak keesokan harinya mau puding ini sebagai bekalnya.Kalo yang seperti ini sih semangat buat bikin walaupun agak-agak ribet dikit.Dan apa yang saya khawatirkan puding ini bakal amis karena pemakaian telur ngak terjadi sama sekali.Malah mas Rama bilang kalo puding ini namanya puding brownies,hehehe.Iya juga sih bisa disebut puding brownies karena rasa cokelat(dari cokelat bubuk) lumayan terasa nyoklat.



Waktu pengovenan apinya kegedean,atasnya agak pecah-pecah


Rasanya bener-bener juara puding ini.Manisnya juga passs banget,enaak pokoknya.Very highly recommended.......

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...