Minggu, Desember 07, 2014

Puding Lapis Labu Ubi Ungu




Untuk dessert setelah makan kari bikin puding.Masih ada sedikit ubi ungu kukus(cuma 70 gr setelah saya timbang).Setelah beberapa kali bikin puding yang pakai telur jadi nagih pengen dan pengen bikin lagi.Dan alhamdulillah hasilnya sama sekali tidak bau telur alias amis.Seneng judulnya,hehehe.....
Selain ada sedikit ubi ungu masih ada pula puree labu kuning.Wahhh cocok nih buat nyobain resep dari blognya mba Hesti.Secara resep dari mb Hesti siiipppp.....

PUDING LAPIS LABU UBI UNGU

Bahan :
2 bungkus agar-agar bubuk warna putih @7 gr
1/2 kaleng susu kental manis putih
5 btr telur
2 sdm margarin
100 gr labu kuning kukus halus
100 gr ubi ungu kukus halus-------saya cuma pakai 70 gr saja
375-400 gr gula pasir(sesuai selera)-------saya pakai 400 gr dan sangat manis
2 bungkus vanili bubuk
1/4 sdt garam
1200 ml air

Cara membuat :
  1. Campur gula,garam,telur dan sebagian gula.Kocok perlahan menggunakan whisk asal rata.Jangan sampai berbusa.Tambahkan susu kental manis,aduk rata.Bila bergerindil saring terlebih dahulu.Sisihkan.
  2. Masak agar-agar,vanili dan separuh bagian gula,margarin bersama air sambil diaduk hingga mendidih(harus benar-benar mendidih agar adonan telur matang).Panas-panas tuang ke dalam campuran telur lalu aduk cepat sampai rata.Bagi 2 adonan,satu bagian biarkan putih.Satu bagian lagi dibagi menjadi 2.Masing-masing tambahkan labu dan ubi ungu,sehingga total 3 warna.
  3. Siapkan cetakan agar-agar atau puding.Paling baik menggunakan cetakan agar bongkar pasang seperti tulban tapi tengahnya tertutup.Tapi kalo cetakan yang ada hanya yang berlubang seperti tulban biasa bisa di tutup lubang tengahnya dengan gelas.Karena penuangan adonan dilakukan diatas gelas tadi.
  4. Tuang secara bergantian(bisa menggunakan cangkir) 1/2 cangkir adonan putih,1/2 cangkir adonan labi,1/2 cangkir adonan ubi ungu.Begitu seterusnya bergantian sampai adonan habis.Apabila menggunakan gelas,lepaskan terlebih dahulu gelas dari cetakan lalu dinginkan dikulkas.


Karena saya dengan PDnya memakai 400 gr gula,dan teryata rasa puding saya sangat manis.Karena sangat manis butuh waktu 3 hari untuk menghabiskannya.Menurut saya puding ini rasa seperti puding bersantan,mungkin karena pemakaian ubi ungu ya.Seandainya manisnya mild saja pasti puding ini lezat.Ahh lain kali misal bikin lagi gulanya pakai 350 gr saja.Setelah adonan ditambahkan labu dan ubi saya saring lagi,takutnya bergerindil.Berbeda dengan puding mba Hesti,untuk labunya(bagian kuning masih keliatan serabutnya).Karena kepunyaan saya ,saya saring lagi makanya serabutnya sudah gak kelihatan lagi.Over all puding ini layak untuk dicoba,dann seperti umumnya resep dari mb Hesti pasti TOP....^_^








Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...