Minggu, Desember 14, 2014

Pandan Loaf Bread (Water Roux Method)





Assalamu'alaikum.......
Apa kabar semua? Semoga sehat selalu ya,dan masak apa akhir pekan ini?
Kalo saya bikin roti akhir pekan ini.Sebenarnya ini kali ke dua bikin.Tapi yang pertama tidak saya posting,bikin rotinya sudah sore banget dan matengnya pasti malam doong ya.Dicemilin anak-anak dan suami.Pagi mau poto-poto rotinya tinggal seuprit,hehehe.Benar-benar bikin saya puas roti dengan mengunakan metode water roux.Rotinya lembuutt sampai beberapa hari(meski cuma sampai 2 hari saja,maklum keluarga besar dan pada suka sama yang namanya roti).Nah kali ini saya bikin roti loaf(seperti roti tawar tapi agak manis) dan masih ada sisa adonan saya buat roti sobek dengan isian keju cheddar parut di campur beberapa sendok susu kental manis putih.Yang roti sobek habis duluan.Terlebih roti yang saya buat kali ini untuk cairannya saya subtitusi dengan air pandan suji.


PANDAN LOAF BREAD (WATER ROUX METHOD)

Bahan Water Roux/Tangzhong Starter :


100 gr tepung terigu protein tinggi
500 air
Bahan roti (A) :
240 gr water roux starter
220 ml air daun suji dari 4 lembar daun pandan dan 35 lembar daun pandan suji
110 gr gula pasir
10 gr garam

Bahan roti (B) :
500 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung terigu protein sedang
15 gr susu bubuk full cream-------saya pakai 25 gr susu bubuk full cream
11 gr ragi instan

Bahan roti (C) :
60 gr minyak goreng/butter-------saya pakai margarin

Cara membuat :

  1. Water roux :Dalam panci campur air dan tepung terigu.Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil.Masak dengan api sedang sampai kental.Jangan sampai mendidih.Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : Tuang semua bahan kering kecuali margarin ke dalam mikser.Masukkan campuran water roux dan air ke dalamnya.Nyalakan mikser dan proses hingga kalis tambahkan margarin lalu mikser lagi sampai kalis elastis.Bisa juga dilanjutkan dengan mengunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalo sudah kalis.Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air,tapi kalo terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sekitar 45 menit.Bagi adonan menjadi beberapa bagian tergantung manu menjadikan berapa roti ( karena saya akan menjadikan 2 buah roti tawar,maka saya timbang @ 450 gr.1 bagian lagi saya jadikan roti sobek @ 30 gr.Dan sisanya roti kepang meises).Untuk roti tawar pipihkan dulu adonan menjadi persegi panjang lalu gulung memanjang seperti bolu gulung dan letakkan dalam loyang bersemir margarin (untuk roti tawar dengan berat @450 gr masing-masing saya taruh di loyang ukuran 20x10x7 cm).Untuk roti sobek isi keju mengunakan loyang ukuran 20x10x4 cm.
  4. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca.Oles telur atau susu evaporated dan panggang sekitar 30 menit untuk roti tawar.Sedangkan roti sobek sekitar 15-20 menit.Semua dengan api 180'C.



Roti sobek ini lembutt sekali.Yah meski tanpa pandan paste sintetis.Memang warnanya kurang strong.Yang penting sehat.Apalagi saat baru keluar dari oven,hemmm baunya sulit dilupakan.Itulah kenapa enggan rasanya beli roti,lebih suka bikin sendiri.



Roti tawar pandan yang hijaunya"malu-malu".Seharusnya mengunakan pandan suji sejumlah 35 lembar tapi pandan saya cuma 20 lembar saja.Tapi harum pandan ini aromanya kemana-mana sampai ke tetangga sebelah.




Mba Hesti jazakillah khoiron resepnya.......^-^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...