Minggu, Desember 28, 2014

Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam





Assalamu'alaikum.......
Apa kabar? Masak apa hari ini atau bikin cemilan apa hari ini?
Beberapa waktu yang lalu saya bikin cake pisang cokelat ketan hitam ini.Mumpung dirumah lagi ada pisang raja dan masih ada sisa tepung ketan hitam sedikit.Membayangkan perpaduan antara pisang (pisang raja) dan tepung ketan hitam pastilah enak.Legitnya tepung ketan dan pisang raja.Resep pertama ada di dapurnya "mba Yulyan Parwati" dan ternyata mba Hesti juga sudah bikin.Tapi resep dari mba Hesti sudah dimodif dan takaran pisangnya ditambah,wahhh pasti enak.Dan gulanya disubtitusi dengan gula palem,wangiii tentunya.Selain itu jika memakai gula palem rasa manisnya juga juga ngak terlalu seperti kita memakai gula pasir.Kalo resep aslinya dari Sajian Sedap.Tapi saya ngikut resep dari mba Hesti karena stok gula palem saya pas banyak sekali.Untuk pemakaian margarin,separuhnya saya pakai unsalted butter.

CAKE PISANG COKELAT KETAN HITAM

Bahan :
100 gr margarin
100 gram unsalted butter
125 gr gula palem
200 gr pisang raja,kupas haluskan
4 butir telur
50 gr tepung terigu protein sedang-------saya pakai tepung terigu protein rendah
125 gr tepung ketan hitam
25 gr cokelat bubuk
1 sdt baking powder

Cara membuat :
  1. Kocok margarin,butter dan gula palem sampai lembut,tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  2. Masukkan pisang raja.Kocok rata.Tambahkan sisa tepung terigu dan tepung ketan hitam,cokelat bubuk,dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
  3. Tuang diloyang tulban diameter 22 cm (saya pakai loyang kotak 20x20x5 cm) yang dioles margarin dan ditaburi dengan sedikit terigu.
  4. Oven sekitar 40 menit dengan suhu 180'C sampai matang.


Karena cake ini adalah butter cake type atau margarin/butter dikocok dahulu dengan gula,maka ketika mengocok margarin dengan gula kocok dengan speed tinggi sekitar 3menit(alangkah lebih mudahnya dan supaya gula cepat hancur) gula bisa diblender terlebih dahulu.Kurangi kecepatan mikser (taruh di angka 1 speednya) ketika telur masuk atau tepung masuk.Cake ini akan lebih enak lagi rasanya jika dikonsumsi 1 hari setelah kita membuatnya dan tekstur cakenya menjadi lebih moist.Selamat mencoba ya.......

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...