Selasa, Desember 09, 2014

Homemade Burger Buns dan Tuna Patty





Assalamu'alaikum.......
Sudah lama sekali tidak pernah bikin roti.Mau bikin roti manis tapi anak-anak rekwes dibikinkan burger.Ya sudah bikin bun-nya dulu aja.Sengaja agak manis dikitt biar si adek yang paling kecil bisa ikut maem juga.Jadi di makan bunnya saja juga sudah enak walaupun tanpa kondimen burger pada umumnya.Sekalian juga bikin patty dari ikan tuna,kan ikan tuna yang dibeli setelah di masak kari ikan tuna masih ada sisanya difreezer.Hemmm sounds good deh kalo pattynya dari ikan,ikan tuna pula ^-^
Tapi maaf saya lupa nyatet alamat"urlnya",duhh ceroboh banget saya.Sudah saya googling juga gak nemu-nemu,mana mata sampe pedes.Tapi seingat saya mba yang punya resep ini beliau dapatnya dari resep SEDAP apa SANTAP ya,lupa deh.Kalo ngak salah "dapur"apa ya,duh kan beneran sama sekali ngak ingat....*demensia akutt*Buat mba yang punya resep dimana pun berada,jazakillah khoir atas resepnya....


BURGER BUNS

Bahan :
400 gr tepung protein tinggi
100 gr tepung protein sedang
10 gr ragi instan
1/2 sdt Bread improver-------saya tak pakai
100 gr gula pasir
15 gr susu bubuk full cream
1 butir telur
75 ml susu evaporated
150 ml air es-------saya pakai air suam kuku/hangat
1 sdt garam halus
75 gr unsalted butter/margarin
Olesan (bisa pilih salah satu) :
kuning telur dan susu UHT membuat roti mengkilap bagus
telur utuh dan sedikit garam,membuat roti mengkilap saja
susu evaporated dan susu UHT,membuat permukaan roti soft
putih telur,membuat permukaan roti mengkilat dan sedikit kecoklatan

Wijen untuk taburan

Cara membuat :

  1. Ayak tepung terigu.Tambahkan ragi instan,bread improver(jika pakai),susu bubuk,dan gula pasir.
  2. Dalam mangkuk lain,masukkan telur,susu evaporated,dan air hangat,aduk rata.Tuang ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Masukkan margarin dan garam,uleni sampai elastis.
  4. Pindahkan adonan ke baskom yang sudah terlebih dahulu diolesi dengan sedikit mimyak goreng.Tutup dengan kain lembab,fermentasikan selama 30 menit atau mengembang 2x lipat.
  5. Kempeskan adonan.Karena saya ingin ukuran burger mini saya timbang masing-masing @ 40 gr atau kalo mau ukuran sedang timbang sebesar @ 60 gr dan ukuran besar @ 80 gr lalu bulatkan.Diamkan 10 menit.
  6. Pipihkan adonan.Tata diatas loyang yang sudah diolesi margarin.Fermentasikan kembali selama lebih kurang 30-45 menit dan ditutup dengan kain bersih.Oles dengan bahan olesan,dan taburi dengan wijen.
  7. Panggang dalam oven yang sudah terlebih dahulu dipanaskan dengan suhu 180'C selama kurang lebih 15 menit atau sampai permukaannya kecoklatan.Angkat dan dinginkan.
  8. Roti siap diisi dengan bahan isian.




tuna pattnya masih dingiiin,baru kluar dari freezer
Untuk resep tuna patty bisa liat di mba Hesti.Rasanya enaakkk.Cuma kemaren tuna saya ada lebihan dari takaran resep.lebih sekitar 120 gr.Jadi saya pakai 1 resep dari resepnya mba Hesti terus tambah lagi 1/5 resep.Telur ayam saya beri 2 butir.Tepung panirnya 200 gr.Tapi sepertinya telur tambah lagi 1 butir supaya tidak terlalu"padat".Tapi tetep enaaakk.






Berhubung dirumah adanya hanya tomat buat sayur,saya skip saja tomat selain itu anak-anak juga kurang suka.asem soalnya,beda sama tomat buah yang ukurannya gedean masih ada sedikit manisnya.Keju lembaran juga pas habis.Adanya lettuce,mayonaise,sam saos saja.Jadi deh burger minimalis,hehehe.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...