Jumat, Januari 09, 2015

Kue Timphan Pisang





Assalamu'alaikum.......
Apa kabar semua......? Selamat tahun baru 2015 yaa,semoga ditahun yang baru ini semangat kita pun juga baru dan semoga ditahun yang baru ini semuanya menjadi lebih baik....Amiin.....
Posting timphan lagi ya,maunya sih ngak diposting saja,kenapa?Liat saja penampilannya kurang menarik.Padahal untuk bikin timphan pisang ini membutuhkan effort yang tinggi.Kenapa lagi? Daun pisang yang masih menggulung itu sulit didapatkan disini.Mana ada yang jualan daun pisang yang masih menggulung? Kalo yang tua sih pasti banyak.Selain itu kalo sudah musim penghujan begini pisang raja juga susah didapatkan.Memang sih banyak yang jual dipastrad,tapi beli pisang raja yang memang benar-benar"tua"ngak gampang.Dan kalo belum masak benar pasti sepet rasanya.Seperti pisang yang saya beli ini,memang secara penampilan sudah"very ripe"tapi yang namanya pisang muda terus dikarbit kan masih saja kelihatan.Yaitu isi pisangnya putih ngak kuning.Ya sudah dengan berat hati bikin timphannya.Akhirnya pengaruh juga pada hasil akhirnya.Resepnya dari mba Hesti.



TIMPHAN PISANG

Bahan Sarikaya  (masak sampai agak kalis) :
3 butir telur
120 gr gula pasir
100 ml santan kental
1 sdm tepung terigu
200 gr nangka,potong kotak kecil
Cara membuat :
Kocok telur,gula dan garam dengan whisk hingga gula larut.Tambahkan santan,aduk hingga rata.Masukkan larutan telur ke dalam tepung sambil diaduk mengunakan whisk hingga rata dan tidak bergerindil.Tambahkan nangka lalu masak di atas api sedang sambil terus diaduk sampai kalis.Angkat.Biarkan dingin.

Bahan Kulit :
5-6 buah pisang raja
450 gr tepung ketan putih (kurang lebih)
1 sdm gula pasir-------saya pakai 2 sdm
santan kental secukupnya
garam secukupnya
Cara membuat :
Masak pisang,santan,gula,garam sampai pisang lunak,setelah dingin (hangat) masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis.

Penyelesaian :

  1. Olesi daun pisang dengan sedikit minyak goreng
  2. Ambil 1 sdm adonan kulit,bulatkan dan pipihkan.
  3. Isi dengan 1 sdt adonan sarikaya,gulung.
  4. Kukus selama 20 menit dengan api sedang,angkat,sajikan hangat.




SARIKAYA a.k.a isi dari timphan


kulit timphan

Alhamdulillah rasanya enak.Anak-anak suka dan terlebih suami.Timphan ini saya buat ketika mau liburan panjang akhir tahun.Bisa diliat dari watermarknya kan? Dan jadi bekal kami diperjalanan.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...