Kamis, September 04, 2014

Lapis Pandan Suji




 Assalamu'alaikum.......
Alhamdulillah sudah masuk bulan september yaaa.Waktu memang cepat berlalu.Semoga kita selalu memanfaatkan waktu yang diberikan Alloh SWT untuk hal-hal yang manfaat.Hemmmm masih dengan postingan kue lapis.Jangan pernah bosan ya ngeliatnya.Bikin kue tradisional yang satu ini memang butuh kesabaran dan ketelatenan ekstra.Bagaimana tidak,layer demi layer kita menuangnya untuk mendapatkan lapisan yang kita inginkan,tidak saja cantik tapi juga rasa dan tekstur yang lezat dari kue lapis itu sendiri.Saya pribadi sungguh  benar-benar salut sama mb Hesti,sulit ditemukan seperti jaman sekarang menemukan orang setelaten dan seconcren mb Hesti yang mau merelakan waktunya untuk berlama-lama membuat makanan/jajanan tradisional.Contohnya kue lapis ini.Akhirnya menginspirasi saya juga untuk membuat kue lapis tradisinal.Secara kenapa sih mau repot-repot bikin padahal beli kan banyaaakkk,pun tinggal pilih jenisnya.Tapi saya ingin membuktikan kepada diri sendiri bahwa membuat kue tradisional itu mudah dan menyenangkan,dan terutama keluarga suka.


Resepnya tentu saja masih dari blognya mb Hesti.Sourcenya dari Majalah Sedap Edisi 5 th 2006.Yukk kita bikin dan liat bahan-bahannya ya.....

LAPIS PANDAN SUJI
Bahan :
300 gr tepung terigu protein sedang
75 gr tepung sagu
225 gr gula pasir
1/2 sdt garam
825 ml santan dari 1 butir kelapa
50 ml air daun suji(dari 30 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan)
Cara membuat :

  1. Campur tepung terigu,tepung sagu,gula dan garam.Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai rata,Saring.
  2. Bagi 2 adonan.Satu bagian tambahkan daun suji.Aduk rata.
  3. Siapkan loyang ukuran 16x16x7 yang dioles minyak sisinya.
  4. Tuang 1sendok sayur(sendok sayur ukuran besar:saya pakai 2 sendok sayur atau 50 ml)lapisan putih.Kukus 5 menit(saya sekitar 7 menit).Tuang adonan hijau dengan takaran yang sama adonan putih.Kukus 7menit.Ulangi terus sampai adonan habis.Terakhir kukus 30 menit sampai adonan matang.Kalau air kukusannya habis tambahkan air mendidih dulu sebelum lanjut mengukus.Setiap menuang adonan aduk dulu supaya tepung tidak mengendap.
  5. Angkat.Dinginkan.Potong-potong mengunakan benang atau pisau plastik(scraper)



Ada satu kesalahan saya waktu membuat kue lapis ini,yaitu saya pakai santan instan.Aduhhh padahal harusnya kue lapis itu gurih asli bukan imitasi.Ngak sabaran nunggu besok sihh,next project harus pakai santan seger.Alhamdulillah anak-anak sukaaaa dan pake banget sukanya.Buat bekal ke sekolah malahan sama anak-anak tak terkecuali mas yang paling besar,yang kelas II SMP.Karena kue lapis jaman sekarang rata-rata warna hijaunya pake pewarna buatan.Harummmm pandan itu lo yang tak terlupakan.Yaaa walau pandan suji yang saya pakai kurus kering gitu pun klorofilnya juga agak malu-malu keluarnya.
Saya cukup puas dengan hasilnya,walau belum rapi seperti kepunyaan mb Hesti.O lapis saya mungkin kurang tinggi ya,iya saya pakai loyang ukuran 18x18x7.Kalau manisnya juga pas menurut saya.


Well buat mb Hesti,terima kasih buat resepnya dan ilmunya ya mb.....Hugsss

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...