Kamis, September 04, 2014

Potato Buns(Potato Bread)




Potato buns ini sih bikinnya secara ngak sengaja.Bikin pas weekend,Agustus akhir kemaren.Kebetulan anak-anak rekuest bikin perkedel.2 kilo kentang,nahhhh banyak banget kannn.....iseng saya sisihkan 200 gr.Padahal mb Ricke posting diFB tentang potato buns ini sudah lama banget.Yaaa itu lah saya,selalu ngak update sama yang beginian.Wah nyesel juga ngk bikin dari dulu.Rotinya lembutttt banget,malahan suami lebih suka roti kentang ini daripada roti yang biasa.Resepnya dari mb Ricke.

POTATO BUNS
Bahan :
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protei  sedang
6 gr ragi instan-------1 sdt lebih sedikiiiiittt
65 gr gula pasir
10 gr susu bubuk full cream
1 sdt vanili bubuk(optional)-------saya tidak pakai
2 kuning telur
100 gr kentang kukus,haluskan
125 ml air es(atau susu cair dingin)-------saya pakai susu ultra dingin
1/2 sdt garam
35 gr mentega/margarin
Polesan :
Susu cair-------saya pakai susu Ultra

Topping/Vla :
100 ml susu cair
1 sdm tepung maizena
25 gr gula pasir
1 kuning telur
2 sdt mentega/margarin
Cara membuat Vla :
Rebus susu,maizena,dan gula sambil diaduk sampai meletup-letup.Tambahkan kuning telur.Aduk cepat sampai meletup-letup kembali.Angkat.Masukkan mentega atau margarin.Aduk cepat hingga mengkilat dan masukkan ke dalam plastik segitiga.

Cara membuat :

  1. Campur terigu,ragi instan,gula pasir dan susu bubuk.Aduk rata.
  2. Masukkan vanili(jika pakai),kuning telur dan kentang sambil diaduk rata.Tuangi air es(atau susu cair dingin)sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis(tidak lengket).Hentikan penambahan cairan jika adonan sudah kalis.
  3. Masukkan garam dan mentega tau margarin.Uleni kembali sampai kalis dan elastis,permukaan adonan mulus.
  4. Bulatkan adonan,tempatkan dalam wadah.Tutup dengan plastik wrap atau serbet lembap.Diamkan hingga menggembang 2x lipat volumenya,45 menit hingga 1 jam tergantung kondisi ruangan.
  5. Kempeskan adonan,uleni sebentar agar mulus dan elastis kembali.Bagi menjadi 16 bagian yang sama(atau timbang adonan lalu bagi dengan angka 16).Bulatkan adonan,diamkan 10 menit.Pipihkan dan isi dengan isian sesuai selera,atau bisa juga tanpa diisi.Bulatkan kembali adonan.Letakkan berjejer dalam loyang ukuran 22x22x7 cm.Tutup dengan plastik wrap,diamkan hingga mengembang 30 menit.
  6. Panaskan oven 180'C-200'C(oven harus sudah panas saat adonan masuk).Oles permukaan dengan susu cair dan semprotkan vla vanila di atasnya.Panggang dalam oven selama 15 menit hingga matang dan permukaanya kecoklatan.Keluarkan dari oven dan panas-panas olesi permukaanya dengan mentega/margarin.



Untuk resep diatas saya pkai loyang ukuran 20x20x7 cm.Dengan adonan seberat @25 gr untuk masing-masing bulatan.Dan sisanya saya bentuk seperti roti manis pada umumnya saja.





Bikin roti sendiri memang benar-benar bikin nagih.Sejak kejadian tiger bread kemaren saya benar-benar be carefullll banget kalo bikin roti.



lembutttt banget kan seratnya,ngk kalah sama roti buatan bakery shop

Selamat mencoba yaaa.......^_^mb Ricke makasih resepnya,salam hangat dari tanah air....

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...