Minggu, September 21, 2014

Kue Apem Kukus




 Assalamu'alaikum.......
 Mau bernostalgia dengan makanan kesukaan saya semasa saya kecil dulu.Mendiang mbah(nenek) lumayan sering bikin kue apem kukus ini.Padahal jaman dulu orang sering bikin kue apem yang digoreng dengan sedikit minyak goreng,tapi mbah bikinnya sering dikukus lalu baru dipotong-potong dan setelahnya baru dikemas/dibungkus secara individual.Namun kue apem ini sering adanya saat ada hajatan/selamatan.Dari semua jenis kue yang dibuat mbah kue apem inilah yang paling saya sukai.Beda dengan yang dibuat orang lain.
Beberapa waktu yang lalu saya menemukan catatan resep saya yang saya dapatkan dari tabloid Saji tahun 2005.Yaaa walaupun belum sama persis dengan kue apem yang dibuat mendiang mbah tapi sudah agak mirip-mirip.Kalau yang dibuat mendiang mbah lembuttt dan tidak mawur seperti dari resep tabloid Saji.Dan yang dari tabloid Saji cara menikmatinya memakai kuah kinca(hal ini mengingatkan saya akan kue apem yang dijual orang Tionghoa di Surabaya).Sedangkan kue apem buatan mendiang mbah dinikmati begitu saja dalam bungkusan daun pisang(seperti penganti plastik untuk bungkus kue jaman sekarang).



 

APEM KUKUS
taken : Tabloid Saji Juni-Juli 2005

Bahan :
75 gr  gula pasir
175 ml air kelapa
1 lembar daun pandan
200 gr tepung beras
225 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt ragi instant
75 gr tepung terigu
1 sdt garam
1/2 sdt baking powder 

Bahan Kinca :
150 gr gula merah
1 lembar daun pandan
1/8 sdt garam
350 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara membuat :
  1. Rebus gula,air kelapa,dan daun pandan sampai mendidih.Biarkan hangat-hangat kuku.
  2. Tuang sedikit demi sedikit ke tepung beras sambil diuleni 15 menit sampai adonan dingin.
  3. Tambahkan santan,ragi.garam,dan tepung terigu.Aduk rata.
  4. Diamkan 45 menit.
  5. Tuang ke loyang 16x16x7 cm yang diolesi dengan minyak goreng dan dialasi plastik.
  6. Kukus 30 menit dengan api sedang.
  7. Kinca : Rebus bahan kinca sampai mendidih.Angkat.Saring.
  8. Sajikan apem dengan kuah kinca.


baru mateng

Kalo rasa menurut saya lumayan enak.Rasanya memang tidak terlalu manis,kan menikmatinya sudah dengan kuah kinca.Setelah bikin kue apem ini baru sempat saya nelpon ibu.Kata beliau kalo buatan mendiang mbah pakai tape singkong apa tape nasi.Wahhh nanti pas pulang Kediri perlu interview sama ibu atau bulik(adik perempuan dari pihak ibu) tentang resep otentik kue apem ini.


Layak dicoba lo kue apem kukus ini......*_^

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Pake tape ketan bisa tidak ya mbk.. Saya juga suka apem dan kebetulan ingin mencoba bikin
Terimakasih atas resep nya

Unknown mengatakan...

Mb Licha maaf ya baru bisa balas,saya ngak setiap hari online.Terus terang saya belum pernah coba kalo pakai tape ketan.Sebenarnya kata ibu saya apem ini lebih enak kalo pakai tape dari nasi.Jadi saya rasa bisa kalo pake tape ketan,asal tape ketannya warna putih.Maaf ya mb Licha jika kurang membantu.Terima kasih sudah berkunjung.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...