Rabu, September 10, 2014

Topo Map Love Cake (Kek Alunan Kasih)



Akhirnya sudah ngak penasaran lagi dengan cake ini.Sempat menjadi baking virus topo map cake ini.Resepnya dari mb Hesti lagi.Mb Hesti sendiri adapted dari blognya Wendyinkk-Table for 2.....or More.Sedangkan resep originalnya sendiri adalah dari Puan Mastura Yasak.Saya sendiri masih mencari kenapa cake ini disebut cake alunan kasih?Oke lah kalo disebut cake peta topografi.Tapi cake alunan kasih terasa aneh aja,hehehe.....Warna hijau diatas saya dapat dari pasta pandan homemade seperti mb hesti buat.Tapi sayangnya saya kurang sabar,pada hari ke-2 sudah saya pakai,jadi endapan klorofinya juga kurang banyak.Akhirnya saya tambahkan sedikit pasta pandan.

TOPO MAP CAKE(Kek Alunan Kasih)

Bahan :
250 gr butter(saya pakai :150 gr salted butter dan 100gr margarin)
250 gr gula halus-----saya pakai 220 gr,dan pas manisnya
5 btr telur
300 gr tepung protein sedang +1sdt baking powder-----saya pakai tepung protei rendah dan 1/2 sdt baking powder(karena baking powder saya doubel acting)
125 gr susu evaporated
1/2 sdt vanili bubuk
1sdt pasta pandan-----saya hanya pakai 2 sdm pasta pandan homemade,dan sisanya 1/4 sdt pasta pandan sintetis
1 tetes pewarna hijau-----saya tak pakai
cokelat bubuk secukupnya untuk taburan.

Cara membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 180'C.Siapkan loyang 20(saya pakai loyang 20x20x5 cm).Oles mentega dan taburi dengan tepung terigu.
  2. Kocok margarin,butter,vanilla dan gula halus sampai menggembang pucat.Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok rata(gunakan speed paling rendah)
  3. Tambahkan separuh bagian terigu dan kocok dengan mikser mengunakan kecepatan rendah.
  4. Masukkan susu evaporated.Kocok rata.Berikut masukkan tepung dan kocok asal rata.
  5. Bagi 2 adonan,yang satu biarkan plain dan yang satu ditambahkan pasta pandan dan pewarna.Aduk asal rata.
  6. Tuang separuh adonan putih kedalam loyang.Ratakan.Ayak cokelat bubuk sampai keseluruhan permukaan tertutup cokelat bubuk.Tuang adonan pandan lalu ratakan.beri ayakan cokelat lagi.Begitu selanjutnya dengan 2 adonan berikutnya.Yang terakhir tidak perlu diberi ayakan cokelat bubuk.
  7. Terakhir sebelum dimasukkan oven,hentakan loyang perlahan agar gelembung udara yang terperangkap didalam kue keluar.
  8. Panggang sekitar 45 menit atau sampai tusuk gigi keluar dalam keadaan kering.



Cakenya enak,buttery juga menurut saya.Cocok buat teman minum teh atau kopi.Mb Hesti makasih resepnya....*hugss*

5 komentar:

Anonim mengatakan...

selamat pagi mb,mb rasa cakenya manis banget ya?terus aku suka sama blognya.Makasih.

Anonim mengatakan...

selamat pagi mb,mb rasa cakenya manis banget ya?terus aku suka sama blognya.Makasih.

Anonim mengatakan...

mb kalo pasta pandan homemadenya diganti sama pasta pandan merk kupu2 ngaruh sama hasil akhirnya tdk?btw saya suka sama blognya and temanya.Foto-fotonya juga bagus.Salam kenal,saya Rindang-Lampung

Unknown mengatakan...

selamat sore mb,utk rasa cakenya ngk tll manis mb.Takaran gulanya sdh saya kurangi.Silakan dicoba.Terima kasih sudah berkunjun.

Unknown mengatakan...

Ngaruh sih ngk ya mb Rindang,cuman kalo pakai pasta pandan homemade lebih sehat dan warna hijaunya alami.Kalo mmg sulit utk mndapatkan pasta pandan homemade subtitusi dg pasta pandan jadi jggpp.Salam kenal juga mb,terima kasih sdh berkunjung.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...