Rabu, September 17, 2014

Mrs.NgSK's Vanilla butter cake



Assalamu'alaikum.......
Item butter cake yang pengeeeen banget saya bikin.Kenapa?konon cake ini adalah jenis butter cake paliiiingg enak dan paling lembyuttt.Permukaannya yang flat tanpa ada dome-nya layaknya butter cake.Tehnik yang digunakan adalah type kocok pisah antara putih dan kuning telurnya.Sekedar saran,jika anda mengunakan BPDA gunakan saja separuh dari resep supaya adonan anda tidak mengunung tinggi.Review dari beberapa blogger Asia bagus semua mengenai vanilla butter cake ini.Wahhh mesti dicoba ini.Kebetulan waktu itu mb Hesti juga bikin,wahhh semakin bikin tambah pengen saja.Namun kesempatan untuk nyoba bikin baru sekarang ini.Resep aslinya dari Wendyinkk,Table For 2.......or More.Sedangkan Wendyinkk sendiri dapat resepnya dari teman gerejanya yaitu Mrs.NgSK's.Maka itulah kenapa dinamakan Mrs.NgSK's Vanilla Butter Cake.Tetapi jangan khawatir mb Hesti sudah berbaik hati mentranslated buat kita,hihihi.......

Mrs NgSK's Vanilla Butter Cake

Bahan :
230 gr mentega asin-------saya pakai 150 gr mentega dan 80gr margarin
200  gr telur(4 butir ukuran sedang)
50 gr + 150 gr gula pasir
200 gr tepung self raising-------saya pakai tepung protein rendah + 1/2 sdt BPDA(baking powder doubel acting)
60 ml susu ------saya pakai susu evaporasi
1 buah vanilla bean,keruk isinya.

Cara membuat :

  1. Panaskan oven pada suhu 180'C.Siapkan loyang segiempat 8 inchi atau 20 cm.Beri alas kertas roti dan oles mentega sampai ke sisi-sisinya.
  2. Pisahkan putih telur dan kuning telur.Kocok putih telur sampai berbusa lalu masukkan gula yang 50 gr sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai jambul petruk.Sisihkan.
  3. Kocok mentega dan 150 gr gula sampai mengembang dan pucat.Tambahkan biji vanilla dan kocok sebentar.Tambahkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai rata.Masukkan tepung dan susu cair bergantian dalam 2 tahap.
  4. Masukkan separuh putih telur sambil dikocok dengan mikser kecepatan rendah.Matikan mikser.Masukkan sisa putih telur sambil diaduk balik dengan tangan.
  5. Tuang ke dalam loyang sambil diratakan.Panggang selama kurang lebih 45 menit sampai tusuk gigi keluar dalam keadaan bersih.Putar loyang pada separuh waktu pemanggangan agar warnanya rata.

Soal rasa jangan ditanya wueeeenakkk.Bakal jadi favorit nih.Sebenarnya pic diatas tidak akan saya posting,yaaa picnya ngaco.Maklum ilmu foodphotography saya masih terlalu dangkal,mesti banyak belajar.Ditempat saya(rumah)memang ada beberapa spot yang sinar matahari kadang malah bikin under atau over.Nah dari sini saya mesti belajar tentang natural litghing.Kalo kata suami seperti apapun hasil picnya harus diposting,biar kita tau perkembangnnya dan dimana kita mesti koreksi banyak dari hasil pengambilan gambar kita.Wahhhhh jazakillah my husband.......*_^,hugss

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...