Rabu, September 17, 2014

Talam Ubi Ungu




Bikin talam ini sudah seminggu yang lalu.Kebetulan hari minggu kami sekeluarga dirumah saja,setelah sebelumnya disibukkan dengan segala rutinitas pekerjaan dan beberapa hari ada simposium.Kalo hari libur(minggu) jadwal kami adalah pastrad day.Pagi sekali setelah sholat subuh saya dan suami biasanya ke pastrad.Kebetulan pas selesai belanja(menuju tempat parkir kendaraan) liat ibu-ibu penjual telo/ubi jalar.Saya liat ubi ungu.Wahh kebetulan sekali pikir saya.Sebenarnya anak-anak saya suka dengan yang namanya ubi.Tapi berhubung sering kecewa saat beli ubi jadi jarang-jarang kami mengkonsumsinya.Padahal seperti kita ketahui konsumsi ubi sangat bagus buat kesehatan terutama ubi ungu.Tapi disini saya tidak akan panjang lebar cerita manfaat ubi ungu ya,kan kita mau bikin talam,hehehe.......

Sudah ada dibenak sebelumnya pengen bikin talam ubi.Waktu beberes koran dan majalah tanpa sengaja liat majalah Femina,tentang makanan serba kukus.Salah satu resepnya adalah talam ubi.Hemmm pas banget.

TALAM UBI
taken :Majalah femina

Bahan :
300 gr ubi ungu kukus
60 gr tepung kanji
50 gr tepung beras
120 gr gula pasir
250 santan kental dari 1 butir kelapa
1 sdt agar-agar bubuk warna putih
1/2 sdt garam
Lapisan santan,aduk :
150 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
5 sdm air panas
3 sdm tepung beras
1 sdm tepung kanji
1/2 sdt garam

Cara membuat :
  • Olesi cetakan kue talam dari plastik(berukuran cucing).Olesi minyak goreng tipis-tipis.Sisihkan.
  • Lapisan Ubi :Haluskan ubi selagi panas,campur bersama tepung kanji,tepung beras,santan,agar-agar,gula dan garam.Saring.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan-cetakan hingga 3/4 tinggi cetakan.Kukus diatas api kecil hingga matang(kurang lebih 10 menit).Angkat.Diamkan dalam dandang.
  • Lapisan santan :tuang ke atas lapisan ubi.Kukus kembali hingga santan matang(kurang lebih 15 menit).Angkat.




Rasanya enaaakkk banget.Anak-anak suka sekali.Ini pun yang saya foto sudah ditungguin sama anak-anak.Alhamdulillah langsung ludess.Untuk kelapa pada adonan ubi saya hanya mengunakan separuh butir kelapa untuk dijadikan santan.Saya pikir terlalu banyak kalo 1 butir.Karena umumnya kelapa dipastrad yang saya beli ukurannya rata-rata jumbo.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...