Minggu, September 21, 2014

Kue Balapis (Manado)



 Kue lapis ini sudah lama masuk to do list saya.Kue lapis khas dari Manado.Kue lapis beras dengan lapisan lebih tebal dan selalu berwarna hijau-cokelat.Majalahnya baru ketemu 2hari yang lalu,sooo hari ini baru bikin.Sedikit berbeda tekstur dari beberapa lapis yang pernah saya bikin sebelumnya.Lapis beras khas Manado ini lebih lembut teksturnya dari lapis beras pada umumnya.Lumer dimulut.



KUE BALAPIS
taken : Majalah Femina,Kue-kue Manado yang menggoda/edisi 15 Desember 2011

Bahan :
1250 ml santan,dari 2 butir kelapa parut
250 gr gula pasir
100 ml air daun suji,dari 10 lembar daun suji------saya 15 lembar + 4 lembar daun pandan wangi
3 sdm cokelat bubuk,larutkan dalam 70 ml air panas

Adonan tepung,ayak bersama :
300 gr tepung beras
30 gr tepung sagu
1 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Olesi loyang persegi ukuran 20x20x5 cm dengan sedikit minyak sayur.Alasi daun pisang,olesi bagian atas daun pisang dengan minyak sayur hingga rata.Sisihkan.
  2. Rebus santan dan gula diatas api kecil,sambil diaduk perlahan hingga gula larut.Angkat,dinginkan.
  3. Masukkan adonan tepung,sambil diaduk terus hingga rata.Saring.
  4. Bagi adonan menjadi 2.Tambahkan masing-masing air daun suji dan cokelat bubuk ke dalam tiap adonan,aduk rata.Saring lagi untuk adonan cokelat.Sisihkan.
  5. Tuang 150 ml adonan hijau ke dalam loyang,ratakan.Kukus dalam dandang panas dengan api sedang hingga setengah matang.Tuang 150 ml adonan hijau ,ratakan.Kukus kembali di dalam dandang panas hingga setengah matang.
  6. Ulangi langkah melapisi hingga adonan habis.Kukus kembali hingga kue matang(30 menit).Angkat.Dinginkan,Potong-potong,sajikan

.

Gurih dan manisnya juga pas.Sebetulnya ketika baca resepnya agak ngak percaya juga dengan takaran gulanya.Karena kue-kue lapis sebelumnya takaran gulanya juga lumayan.Ini kok sedikit.Tergoda juga mau nambahin.Ah ngak aja dulu pikir saya.Kalo ngk manis atau kurang manis gak apa-apa.Ternyata setelah matang dan dingin manisnya pas banget.Coba kalo saya jadi menambahkan gula pasti nyesel.
Kue balapis ini layak dicoba bikin,recommended.....

9 komentar:

Anonim mengatakan...

hai mbak salam kenal.Waahhhhh senengnya nemuin blognya,liat postingnya kue balapis.Ingat kuebikinan oma mbak.Merry-Tomohon

Anonim mengatakan...

mbk contek resepnya ya,enak kayaknya.Makasih

Unknown mengatakan...

Salam kenal juga mb Merry.Alhamdulillah kalo berkenan.Ayo mb dicb bikin.

Unknown mengatakan...

@anonymous:Monggo,silahkan dengan senang hati

Unknown mengatakan...

Seneng bisa liat blog nya mba,,, saya pengen buat nie mba tapi pake susu bubuk putih n susu bubuk coklat aja, tnpa yg ijo2. bantuin dong mba apa aja yg harus diilangin dri resep mba.. Ini pin 7ECCCDE8 mksie..

Unknown mengatakan...

Seneng bisa liat blog nya mba,,, saya pengen buat nie mba tapi pake susu bubuk putih n susu bubuk coklat aja, tnpa yg ijo2. bantuin dong mba apa aja yg harus diilangin dri resep mba.. Ini pin 7ECCCDE8 mksie..

Unknown mengatakan...

Dear mb Sendy jujur secara pribadi saya belum pernah coba bikin dengan cairan santan yang disubtitusi dengan susu cair.Tapi saya pernah baca disebuah tabloid boga (maaf saya lupa nama tabloidnya),resep lapis tapi cairannya berupa susu cair.Lapis susu namanya.Dengan resep yang saya tulis diatas mestinya bisa santan disubtitusi dengan susu cair.Kalau cairannya berupa susu putih otomatis jumlah gulanya menyesuaikan dengan resep diatas,karena susu cair putih rasanya"plain"tapi jika memakai susu cokelat cair gulanya harus dikurangi banyak,karena susu cokelat cair rasanya sudah manis.Kalo suka rasa cokelat pemakaian cokelat bubuk jangan dskip ya mb,biar rasa cokelatnya lebih"intens".Semoga jawaban saya bisa membantu mb Sendy,terima kasih sudah berkunjung.Regards----Ida----

mamajay mengatakan...

Mba klo gak pke daun suji tp daun pandan aja...brp byk daun pandannya utk 100ml air? Makasih

Unknown mengatakan...

Dear mamajay,untuk warna hijau memang seharusnya pakai daun pandan suji biar warna hijaunya lebih"terlihat".Tapi jika memang sulit didapat bisa tetep pakai pandan wangi saja.Jumlahnya 2x lipat dari pandan suji diatas ya mb.Semoga jawaban saya bisa membantu.Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komen

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...