Rabu, September 10, 2014

Cake Sirup Jeruk



Assalamu'alaikum.......
Akhirnya keturutan juga bikin cake ini.Cake dari sirup jeruk merk A*C.Padahal sudah lama banget mantengin resepnya diblog mb Hesti.Tertarik bikin karena cake ini diresepnya tidak memakai emulsifier sama sekali,jadi hanya mengandalkan bahan-bahan yang segar.Termasuk mikser yang larinya masih kenceng,bukan mikser yang sudah lemot*kata mb Hesti lo*.Sebenarnya ga'pd juga bikin cake dengan sponge cake type tanpa mengunakan emulsifier.Tapi mb Hesti menyakinkan saya kalo pake bahan-bahan yang masih seger inshaAlloh pasti jadi mb Ida,begitu kurang lebih kata mb Hesti ke saya beberapa waktu yang lalu. Beli sirupnya pun sudah lama juga,sebenarnya saya paling jarang beli sirup merk ini karena saya pribadi kurang suka dengan rasa gula biangnya yang terlalu mencolok pun anak-anak juga kurang menyukainya.Sebenarnya saya tergoda untuk menambahkan emulsifier ketika bikin cake ini,tapi saya sudah janji dalam hati akan belajar jujur untuk tidak menambahkan emulsifier.Telur yang saya pakai masih segar pula dalam arti kuningnya masih utuk belum encer(pecah bercampur dengan putihnya).Alhamdulillah jadi it's mean I'm lucky.....hehehe

CAKE SIRUP JERUK
Bahan :
6 butir telur
200 gr tepung terigu protein sedang-------saya pakai tepung protein rendah(kunci biru)
3 sdm margarin,lelehkan
1/2  gelas sirup orange(ABC) sekitar 75 ml
1/2 sdt vanili bubuk
225 gula halus
2 sdm SKM 
Cara membuat :
  1. Kocok telur,gula pasir,dan vanili sampai mengembang(kental dan berjejak).
  2. Kecilkan mikser,masukkan tepung perlahan.Setelah itu masukkan margarin leleh yang telah dicampur dengan SKM sedikit demi sedikit sambil dikocok terus perlahan,terakhir masukkan sirup.Kocok sampai rata.Matikan mikser.
  3. Tuang diloyang 24x24x4(saya pakai loyang 20x20x5 cm) yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung terigu.
  4. Panggang dalam oven dengan suhu 350'F atau 180'C sampai permukaannya berwarna kuning keemasan dan ketika ditusuk pake tusuk gigi sudah tidak lengket lagi.
  5. Angkat,dinginkan.Potong-potong.Hias sesuai selera.


Huaaaa mau gosonggg,cokelat banget.

Hihihi.....ini sih sudah mau gosong ya,padahal sebenarnya ngak juga.Mikser setelah subuh buat bekal anak-anak.Yaa gitu sambil menyiapkan sarapan buat anak-anak,agak kelupaan kalo lagi ngoven.Maklum otang,jadi mengandalkan feeling.Ajaib kadang,kadang bisa keemasan gitu yaaa kadang seperti pic diatas tadi.


Kocok telur dan gula sampai benar-benar kental mengembang dan berjejak,dan ketika mikser diangkat adonan akan lambat jatuhnya.Alhamdulillah cakenya enak dan wangiii jeruk.Cakenya juga lembuttttt padahal tanpa mengunakan emulsifier.Mirip-mirip dengan metode kocok all in one.


Terima kasih atas resep dan advicenya mb Hesti.Happy wednesday,happy baking all.....^_^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...