Jumat, September 05, 2014

Lapis Kanji Cokelat




Heheh.....kannn lapis lagi.Saya ngak akan pernah bosan bikin kue tradisional,walau harus berjam-jam bikinnya.Tapi kalo bikin lapis bisa lo kita tinggal sambil megerjakan hal lain,asal kita tau timing aja kapan harus nuang adonan berikutnya.Resepnya dari mb Hesti.Enaaak banget,kan asli pake santan segar.


LAPIS KANJI COKELAT

Bahan :
300 gr tepung kanji
150 gr tepung terigu
400 gr gula pasir
1200 cc santan kental dari 2 butir kelapa
1 sdm peres garam
30 gr cokelat bubuk
Cara membuat :
  1. Campur tepung kanji,tepung terigu,garam dan gula.Aduk rata.
  2. Tuang santan kanil sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisk hingga rata.
  3. Bagi 2 adonan.Satu bagian ditambahkan dengan cokelat bubuk.Caranya : ambil sedikit adonan lalu campur dengan cokelat bubuk.Aduk hingga benar-benar rata.Kalau perlu saring.Setelah itu baru campur dengan sisa adonan.
  4. Siapkan loyang(saya pakai ukuran 18x18x7 cm) yang sudah diolesi minyak dan dialasi dengan plastik(food grade).Tuang selapis demi selapis bergantian warna(saya 3 sendok sayur/75 ml untuk tiap lapisan).Kalau ingin hasil lapisannya tipis-tipis,kurangi jumlah adonan yang dituang.Tapi ukurannya harus sama lapis demi lapis.Kukus masing-masing 5 menit(saya 10 menit) atau lebih kalau lapisannya tebal.Lapisan terakhir kukus selama 30 menit(di mb Hesti step ini ga'ada,maaf aku tambah sendiri ya mb).
  5. Angkat.Dinginkan.Buang atau lepas lapisan terbawah yang bersentuhan dengan plastik untuk menghindari kontaminasi dengan racun plastik.
  6. Potong-potong dengan benang atau pisau yang diolesi dengan minyak.Bisa juga dengan pisau plastik.



Santan supaya awet setelah diperas saya rebus dulu sampai mendidih,jangan lupa beri beberapa helai daun pandan supaya wangi.Timba-timba supaya santan tidak pecah.Hangat-hangat atau menjelang dingin baru tuang sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung.Alhamdulillah kue lapis ini tahan sampai 4 hari dikulkas.Buat bekal anak-anak,mereka sukaaa sekali.Nih sudah minta dibikinnkan lagi,bentar ya sayaaang mama ambil napas dulu.....hehe.Seneng rasanya kalo rasa lelah kita setelah bikin kue dilahap habis.Rasanya gurihhh banget,yaa iyalah kan santan segarrrr.


Veryyyy recommended resep,enakkk mb Hesti.Tapi lapisannya belum setipis lapisnya mb Hesti,ini pun waktunya 2,5jam mb.terima kasih resepnya.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...