Kamis, September 04, 2014

Cake Karamel a.k.a Cake Sarang Semut





"Ma,cake karamel itu seperti apa sih"?Pertanyaan putra saya yang no.2 beberapa minggu yang lalu.Hahaha,duhhh sayang cake karamel kok ngak tau sih.Memang bikin sendiri bisa diitung dengan jari saya.Sebenarnya suami saya adalah penggemar cake ini,favoritnya dia.Ada nostalgia tersendiri cake ini buat suami saya.Katanya masih ingat-ingat waktu pengantin baru duluuu.....cuit....cuittttt.Seingat saya dulu saya sudah pernah posting cake yang satu ini.Cake ini termasuk cake yang everlasting,sejak saya masih kecil,menginjak remaja,menikah dan sekarang sudah punya anak 4 cake ini selalu hadir dalam setiap acara.Untuk isian snack box sendiri kue ini juga nga'pernah absen.Tapi rata-rata rasanya beda dengan kalo kita bikin sendiri.Entah bahan apa yang ditambahkan atau dikurangi dalam takaran resep mereka,selalu ada yang kurang setiap kali nyicip snack box.Kurang manteb,kalo ndak gitu rasanya seperti gosong abisss.Saya juga ngak pernah tertarik beli kue jenis ini,lebih suka bikin sendiri.Resepnya masih tetep sama seperti yang duluuuuu pernah saya posting,yaitu dari majalah Femina.Cuman untuk"METHOD"nya saya kebetulan liat diblognya mb Endang JTT.Resep yang dari femina hampir mirip-mirip dengan yang mb Endang punya.Cara bikinnya simpel,aduk-aduk saja dan ga'perlu mikser.Cukup pakai whisk saja.

CAKE CARAMEL SARANG SEMUT
Source : Majalah Femina

Bahan :
75 gr mentega/margarin
1 sdm baking powder
1/2 sdm soda kue
200 ml susukental manis putih
125 gr tepung terigu,ayak
125 gr tepung sagu
8 butir telur ayam
Karamel :
450 gr gula pasir
450 ml air panas
10 lembar daun jeruk,buang tulang daunnya iris tipis.-------saya tak pakai,sebagai gantinya saya pakai daun pandan yang dirajang.

Cara membuat :
Untuk cara bikin cakenya silakan ke blognya mb Endang
Karamel :
  • Lelehkan gula hingga kecoklatan.Tuangi air dan daun pandan,masak lagi hingga mendidih.Angkat,saring dan sisihkan.
  • Tuang karamel hangat-hangat ke adonan cake.
  • Jika memakai loyang bergelombang seperti punya saya,olesi margarin agak tebal apalagi disetiap lekukannya lalu taburi dengan tepung terigu.Agar ketika cake dikeluarkan jadi mudah.
  • Panggang dalam oven panas dengan suhu 180'C selama 60 menit atau hingga matang.Angkat.
  • Potong-potong dan sajikan.



Cakenya menul-menul dan sarangnya banyak.Ihhh cara dari mb Endang ini bener-bener gampang,tinggal aduk-aduk aja.


YUk dicoba resepnya,enak lo dan jangan lupa liat cara pembuatannya diblog mb Endang,mb Endang makasih ya idenya.....^_^

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih sudah berkunjung

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...