Rabu, September 17, 2014

Brownies Panggang ala Ummu Allegra





Nah kalo ini hasil mupeng browniesnya mb Hesti.Ngak tau kenapa kalo yang bikin mb Hesti jadi pengenan yaaa,hehehe.Ternyata dari blognya mb Nina resepnya.Padahal beberapa kali ke blog mb Nina sudah sering liat.Diblog mb Sashy juga.Kalo diblog mb Sashy judulnya"Brownies Sungai Chocolatos".Hemm kalo kata mb Sashy harusnya ada lelehan cokelat yang kayak aliran sungai.Eniweii punya mb Sashy cantiik lo...Sebenarnya curious to know siy,kenapa si brownies ini begitu happening dikalangan blogger tanah air?Kebetulan saya sendiri juga tidak ikut grup masak yang diikuti mb Nina pun Ummu Allegra.Tapi ngak ada salahnya kan kalo dicoba,siapa tau bisa jadi brownies oven favorit kami sekeluarga.Selain itu yang bikin tertarik pake resep dari hasil modifikasi mb Hesti karena ada pemakaian kopi bubuk,hemmm pasti yummy kannn....


BROWNIES PANGGANG ala UMMU Allegra

Bahan :
200 gr tepung terigu protei sedang
25 gr coklat bubuk
150 gr gula pasir
100 gr gula palem
1 sachet kopi instant 3 in 1-------saya pakai Good day Moccahino
3 butir telur ukuran besar(kalo kecil pakai 4)
1/2 sdt vanili bubuk
100 ml minyak sayur kwalitas baik
100 gr dark cooking cokelat,tim hingga leleh
cokelat chip-------saya pakai 75 gr

Cara membuat :

  1. Kocok gula,telur,kopi dan vanili dengan mikser kecepatan rendah asal gula larut(tidak mengembang)----saya kocok pakai whisker
  2. Masukkan campuran tepung dan cokelat bubuk yang sudah diayak.Aduk asal rata.
  3. Tambahkan minyak goreng,aduk sampai rata.
  4. Masukkan dark cokelat leleh(sisakan sedikit untuk membuat guratan di permukaan brownies).Aduk rata.Tuang ke dalam loyang yang sudah di olesi dan di alasi kertas roti.Corat-coret sisa dark cokelat di permukaan kue.Taburi cokelat chips.
  5. Panggang dalam oven suhu 180'C selama 30 menit.Jangan over bake karena kue akan keras.
  6. Angkat,dinginkan.Keluarkan dari loyang dan potong-potong.


freshhh,kliatan sungai cokelatnya?
Yang bikin tertarik lagi adalah untuk penggunaan baking powder mau soda kue diskip.Kan sudah menjadi syarat kalo bahan kue yang pada bahannya mengunakan cokelat bubuk pasti harus mengunakan baking powder ataupun soda kue skalian.Alhamdulillah jadi juga walaupun tanpa mengunakan pengembang.Lagi pula lamaaaa banget-get ngak pernah bikin brownies panggang.

setelah"menginap semalam"
Brownies ini ketika matang memang agak lembek,tapi kalo sudah dingin akan set dengan sendirinya cokelat darknya.Hemmm untuk shinny crustnya kurang memenuhi permukaan ya,kalo gini diresep berikutnya harus ditambah.Paling tidak dark cooking cokelatnya jadi sekitar 150-200 gr gitu.Semua orang rumah bilang enaakkk,makasih ya umm dan makasih juga mb Hesti.



Recommended  buat dicoba lagi.....^_^

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum,mbak ijin contek resep dan method-nya ya.Simpel soalnya'tdk pke mixer

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...