Rabu, Juli 03, 2013

White house Apple Pie



Rasa apple pie ini bener-bener yummy.....kira-kira 2bulan yang lalu teman-teman dimilis ramai membicarakan tentang si apple pie ini.Bermula dari mr.Icho(yang kebetulan posting apple pie dimilis)trus disertai juga ama pic yang mendukung....heemmm bener-bener bikin ngiler.

Testimoni dari teman-teman milis pun yang udah nyoba bikin juga bilang most delicious apple pie ever.Konon apple pie ini adalah favorit keluarga presiden Barrack Obama,nah itulah kenapa pie ini dinamakan white house apple pie.Untuk komposisi resep apple fillednya sesuaikan saja dengan lidah masing-masing ya.Karena diresep yang sudah di share sama mr.Icho sendiri,beliau bilang muaanisnya ngak ketulungan.

White house Apple Pie
Resep:Mr.Icho

Bahan:
Kulit:
420gr tepung terigu
60gr gula pasir
1 1/2sdt garam
300gr mentega tawar,potong kecil-kecil.
90gr mentega putih,potong-potong
125ml air es

Isi:
1kg apel merah,kupas potong-potong kasar
225gr gula pasir------>saya hanya pakai 75gr saja
125ml madu------>saya hanya pakai 80ml
50gr tepung maizena
1sdt vanili bubuk
1/2sdt kayu manis bubuk
1 buah  jeruk lemon,ambil airnya,parut kulitnya

Cara membuat:
Kulit:
Masukkan bahan kering kedalam food processor.Tambahkan mentega dan mentega putih.Proses hingga berbutir kecil.Tambahkan air es,proses hingga menjadi adonan.
Bagi menjadi 2 bagaian.Bulatkan dan bungkus dengan plastik.Simpan dalam lemari es selama 1jam atau semalaman.
Tipiskan adonan hingga diameter 30cm.Masukkan dalam loyang pie diameter 22cm,biarkan sisa adonan selebar 2,5cm.Simpan adonan dalam lemari es selama 30 menit.Beri pemberat berupa kacang-kacangan dibagaian tengah kulit pie.Pangan dalam oven panas selama 30 menit.Angkat.
Isi:
Masak semua bahan dalam panci.Aduk-aduk hingga berair dan agak kental.Angkat dan dinginkan.Tuang ke dalam kulit pie.
Gilas kulit pie yang satu hingga diameter 30 cm.Tutup keatas kulit pie,olesi putih telur kocok sambil ditekan-tekan sekelilingnya dengan garpu hingga rapi.
Taburi permukaan pie dengan gula pasir.Panggang kembali selama 30 menit hingga kuning keemasan.Angkat dan biarkan selama 1-2 jam sebelum disajikan.

apple pie filled



Untuk isiannya gunakan apel dengan rasa asam segar,bisa apel malang atau granny smith.Jika tidak ada food processor juga ngak masalah.Gunakan ujung jari juga bisa ^_^


Anak-anak justru suka dengan crustnya,renyah and gurih khas butter.Maaf dokumentasi gelap ya,malam soalnya.Sukanya night baker....hehe.....Adonan ini sangat lembek,jadi memang harus diinapkan dulu dilemari es.Pas bikin kemaren lupa saya ngak liat ukuran loyang pie yang saya miliki,PD aja loyang pie saya ukurannya sudah sesuai dengan resep....ternyata oh ternyata agak kekecilan 2 cm.akibatnya crust yang bagaian tepi"ngedebel(ketebalan)".....justru anak-anak suka yang tebal crustnya.....hehe
Terima kasih untuk Mr.Icho yang sudah share resep pienya......bener-bener enak.....and very recommended untuk di coba......^_^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...