Minggu, Juli 14, 2013

Cake Pandan Almond


Kemarin habis bikin martabak manis masih ada sisa putih telur.Seperti biasa kalo ada putih telur biasanya cuma dikukus trus dibikin aneka sayur,entah dimasak dengan kuah yang bersantan ataupun bening layaknya semur.Atau bahkan berakhir dibawa pulang simbak (seringnya yang barusan....hehe) Iya,mau di masak yang aneh-aneh badan sudah capek baking mengerjakan orderan cust.

Tumben kali ini saya rajin(agak sih).Sengaja dibulan Ramadhan saya off baking.Jadi agak ada waktu sedikit longgar untuk lebih lama uprek di dapur.Pilihan saya kali ini jatuh pada cake yang beraroma pandan.Asli pandan,no colouring,no essence and no paste.Semua asli dari pandan wangi dan pandan suji.

Ini juga dalam rangka menghabiskan stok air pandan suji yang saya simpan dalam freezer yang sudah mau expired.Makanya warna pandan yang dalam foto ngak ngejreng sama sekali.Soft banget.....dan hemmmm aroma pandan.......

Cake Pandan Almond
Resep: Saji

Bahan:
300 gr putih telur(didapat kurleb dari 9 btr telur)
1/2 sdt garam
150 gr gula pasir
1 1/2 sdt emulsifier(SP/TBM)
20 ml air daun suji------>saya pakai 50 ml
1/8 sdt pewarna hijau muda------>saya skip
1/4 sdt esens pandan------>saya skip
50 gr santan kental instan------>saya skip
180 gr tepung terigu protein sedang
50 gr minyak goreng------>saya pakai unsalted butter sebanyak 75 gr,lelehkan
50 gr almond,cincang
50 gr almond slice,untuk taburan

Cara membuat:
  1. Kocok putih telur,garam,gula pasir,dan emulsifier sampai mengembang.
  2. Masukkan air suji,sambil dikocok perlahan.
  3. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk perlahan.Aduk rata.Masukkan minyak goreng.Aduk rata.Tambahkan almond cincang.Aduk rata.
  4. Tuang diloyang 20x20x7 cm yang dioles margarin dan dialasi kertas roti,dan ditaburi tipis tepung terigu.Taburi almond slice.
  5. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat C.
Baru kali ini makan cake putih telur bikinan sendiri.Enak banget dan ngak nyangka kalo ini terbuat dari putih telur.Aroma pandan sujinya bener-bener mengoda.


 
 Jika anda tidak mau repot setiap kali membutuhkan pandan suji mungkin tips ini bisa dicoba: Haluskan 30 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan wangi bersama 80 ml air matang dengan blender,lalu peras dan saring.Tambahkan 1 sdt air kapur sirih agar warnanya tetap hijau segar.Masukkan dalam botol bersih,simpan dalam lemari es atau freezer,tahan 1 bulan.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...