Kamis, Juli 04, 2013

Cake Karamel sarang semut



Bener-bener bingung mau ambil angel yang gimana dengan untuk tema kali ini,sudah diambil dari segala sudut tetapi tidak satupun yang keliatan bagus.Maklum kamera smartphone.Ya begini ini angel yang paling pas yang didapat.Harap maklum ya.....^_^

Sudah lama sekali ngak pernah bikin cake karamel.Terakhir buat tahun 2010(tuh sampai hafal banget kan).Ternyata cake satu ini adalah kegemaran suami,katanya ingat waktu pertama kali makan dirumah mertua(hehe....ibu saya).Katanya lagi,kue enak ini apa ya namanya rasanya ada sedikit pahit manis dan aroma gula gosong(karamel)....haha.....aduh sayang itu cake karamel.Sampai sekarang masih ingat terus.Entah ya apa saja yang dibikin ibu selalu enak rasanya, beliau memang bertangan dingin kalau untuk urusan cooking sama baking...^_^

Resep ini adalah andalan yang selalu saya bikin.Resepnya dari majalah Femina,gampang bikinnya dan no mikser.Cukup pakai whisk saja.Kalau mau pakai mikser juga bisa,pakai speed yang paling rendah saja ya....

Cake karamel sarang semut

Bahan:
75 gr mentega------>saya tambahkan 25 gr,total 100gr mentega
1 sdm baking powder
1/2 sdm soda kue
200ml susu kental manis putih------>1 kaleng 300 ml
125 gr tepung terigu,ayak
125 tepung sagu
8 butir telur ayam,kocok lepas
Karamel:
450 gr gula pasir
450 ml air panas
10 lembar daun jeruk,buang tulang daunnya iris tipis------>bisa diskip jika tidak suka dengan aromanya,subtitusi dengan daun pandan.

Cara membuat:
  • Cairkan mentega,sisihkan.
  • Dalam wadah kocok lepas telur hingga berbusa,masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan tepung sagu dan baking powder bergantian dengan air karamel.
  • Masukkan susu kental manis,aduk rata.Saring bila perlu.
  • Masukkan mentega cair,aduk rata.
  • Terakhir masukkan soda kue,aduk cepat.Tuang di loyang tulban bergelombang diameter 24 cm yang sudah beroles mentega dan bertabur terigu.
  • Panggang dalam oven panas suhu 180 derajat C selama 60 menit hingga matang.Angkat,dinginkan.Potong-potong dan sajikan.
  • KARAMEL:Lelehkan gula hingga kecoklatan.Tuang air dan daun jeruk,masak lagi hingga mendidih.Angkat saring dan sisihkan.



fresh from the oven....
O ya ada yang lupa untuk aroma yang lebih harum saya tambahkan 1/4 sdt kayu manis bubuk pada adonan.Ayak kayu manis bubuk bersama dengan tepung dan baking powder.



Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...