Sabtu, Juli 13, 2013

Martabak Manis



Alhamdulillah anak-anak puasanya lancar,tidak terasa sudah memasuki hari ke-4.Ngak biasanya putra saya yang no.1 mas Atta minta sesuatu untuk ta'jil buka puasa(tumben batin saya) dan mintanya juga agak lain dari biasanya,yaitu martabak manis atau kami biasa menyebut terang bulan.Dan katanya harus mama aja yang buat,ngak mau kalo beli.Siiip wisss,oke mama yang bikin sayang*hug*

Sebenarnya ngak ribet sih kalo bikin cemilan seperti martabak manis ini,tapiiiii(pake tapi) ini kan puasa,waktunya serba mepet.Sore pasti masak and prepare untuk buka puasa,mana si mbak kalo sore pulang pula dan masih punya baduta.Wis Bismillah saja.....lagian si mas sanggup buat jagain adek.....

MARTABAK MANIS
Resep:Femina
Bahan:
600 ml susu cair------>saya pakai susu DANCOW full cream 3sachet@ 27 gr,saya encerkan dengan air hingga 600ml
9 kuning telur ayam
2 sdt fermipan------>ini dari saya

Ayak:
375 gr tepung terigu,ayak
100 gr gula pasir
3/4 sdt baking powder
3/4 sdt garam
Adonan tambahan:
3/4 sdt soda kue
6 sdm air
Taburan:
150 gr mentega
3 sdm gula pasir
3 sdm cokelat beras
3 sdm kacang tanah,sangrai,cincang halus
75 gr keju cheddar parut
6 sdm susu kental manis

Cara membuat:
  1. Buang lubang ditengah terigu ayak,tuangi susu dan kuning telur sedikit demi sedikit sambil aduk hingga rata.Terakhir masukkan fermipan,aduk rata.Diamkan selama 30 menit-1jam.Campur dengan adonan tambahan,aduk rata.
  2. Panaskan wajan martabak diameter 24 cm di atas api kecil,semir dengan sedikit mentega.Tuang adonan hingga mencapai tinggi 1 cm,aduk dengan bantuan sendok sayur supaya adonan menutupi seluruh permukaan wajan sampai ke sisinya.
  3. Masak hingga seluruh permukaan adonan berpori,tutup wajan,masak hingga matang.Setelah bagaian sisinya mengering,angkat.
  4. Olesi permukaan martabak dengan mentega,taburi dengan gula pasir.Tambahkan cokelat beras,kacang dan keju parut hingga rata.Tuangi susu kental manis.Potong menjadi 2 bagaian,lipat.Potong-potong masing-masing menjadi 10 bagaian.
  5. Sajikan panas.



 SELAMAT BERBUKA PUASA......

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...