Sabtu, Juli 13, 2013

Chili Crab a.k.a Rajungan Pedas



Ini adalah hasil eksperimen saya sebelum bulan Ramadhan kemarin.Biasanya saya kalo ke pasar berbelanja(kalo kebetulan weekend)sering diantar suami.Suami saya adalah penghobi masak.But no baking ya....hehe.....Nah memang dalam keluarga kecil kami,kami biasakan(terutama weekend) untuk menunya adalah ikan.Ikan segar,entah grilled atau pun di buat sup ala suami saya^ ^.Kita memang sengaja tidak pernah simpan-menyimpan ikan di dalam freezer,jadi ikan yang hari ini kita beli ya harus habis hari ini pula.Biar selalu fresh....

Salah satunya adalah crab diatas.Belinya sih juga ngak sengaja,biasanya kita beli crab cuma 2 ekor saja(lha wong cuma sebagai penyedap dalam sup yang kami buat).Kebetulan pas ke pasar ada rajungan(bukan kepiting,kalo kepiting warnanya gelap)sedangkan rajungan lebih terang dan di sekitar cangkangnya bertotol-totol putih.Sama ibu yang jualan disuruh ambil semua(tinggal dikit,sekalian aja mba).Ya udah akhirnya beli semua.

Baru esoknya saya masak,sebelumnya saya simpan difreezer dahulu.Resep saya dapatkan dari majalah Femina.

CHILI CRAB
Bahan:
4 sdm minyak goreng
50 ml cuka----->saya pakai air jeruk nipis
5 sdm saus cabai botolan------>saya pakai 2sdm saja
2 sdt garam
250 ml air
2 kg kepiting ukuran kecil,buang insang,bersihkan------>saya pakai rajungan
1 sdm tepung maizena,larutkan dengan 250 ml air
1 btr telur ayam,kocok lepas
Bumbu,haluskan:
10 buah cabai merah besar
6 cm jahe,bakar,kupas
8 siung bawang putih
Cara membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga harum.Tambahkan air jeruk nipis,gula pasir,saus cabai dan garam,aduk hingga gula larut.
  • Tuang air,aduk rata.Masak hingga mendidih.Masukkan rajungan ,masak hingga berubah warna.
  •  Tuang larutan maizena,aduk rata.Didihkan.Tambahkan telur kocok,aduk cepat.Masak hingga cairan kental.Angkat.
  • Sajikan segera.
Kalau di rasa dengan 1 resep diatas terlalu banyak bisa pakai setengah atau seperempat resep saja.Bumbu tentunya menyesuaikan.
HAPPY COOKING^_^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...