Kamis, Juli 11, 2013

Risotto




Risotto adalah makanan khas dari Itali.Tapi tidak semua daerah di Itali mengkonsumsi makanan yang dinamakan risotto ini.Hanya beberapa saja dan terutama Itali bagaian Utara yaitu Milan.Biasanya hidangan nasi berbumbu ini disajikan saat musim dingin(cek wikipedia ya).

Kalo makanan yang ada bahan dasarnya keju pastilah ke-4 putra saya adalah penggemarnya.Terutama yang gurih-gurih seperti diatas.Resep dari mba Widya Hidayat,kata beliau risotto ini adalah potluck yang di bawanya pada acara HMFF NCC beberapa waktu yang lalu.Banyak teman-teman di milis menanyakan tentang resep risotto beliau,akhirnya beliau share resep risottonya yang memang bener-bener yummy......

Risotto ala Widya Hidayat

Bahan: A
450 gr nasi

Bahan: B
1sdm margarin------>saya pakai salted butter
1/2 siung bawang bombay
2 siung bawang putih,cincang halus
75 gr daging asap,cincang halus------>saya pakai 1 kaleng tuna chunk,tiriskan minyaknya,cabik-cabik daging ikannya
50 gr wortel,potong kotak------>saya pakai kacang polong dengan takaran sama
1 btr telur kocok lepas
200 ml susu cair
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Bahan: C
1 sdm margarin------>saya pakai salted butter
2 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada
Topping:
keju quick melt atau keju mozarella

Cara membuat:
Bahan B:
Campur telur kocok,susu cair,garam,pala,dan lada.Sisihkan.Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan butter hingga harum.Masukkan kacang polong dan ikan tuna,masak hingga kedua bahan matang.Matikan api,masukkan adonan telur.Aduk rata.Sisihkan.
Bahan C:
Panaskan butter masukkan tepung terigu aduk rata.Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.Bumbui dengan garam dan lada.Aduk rata sampai meletup-letup.Angkat dari api.Sisihkan.
Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.Tuang adonan ikan tuna ke dalam nasi.Masukkan ke dalam cup-cup atau pirex.Beri saos putih(bahan C),kemudian tutup dengan parutan keju.Panggang selama 20 menit hingga matang.Angkat.Sajikan hangat dengan saos sambal botol.


  Ribet ya,ah ngak kok.Memang sih kalo baca stepnya banyak banget bahan-bahannya.Tapi sebanding dengan rasa yang kita dapatkan.Untuk taburan atasnya saya tambahkan keju cheddar parut dan daun parsley cincang.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...