Kamis, April 04, 2013

Kaasstengels



Di setiap negara,kue kering mempunyai nama berbeda.Prancis sebagai tempat asal pertama kali kue kering di kenal,menyebutnya biscuit(bis:dua ; cuit:memasak),artinya kue yang dimasak dua kali supaya kering,renyah dan tahan lama.Istilah yang sama juga digunakan di Inggris.Orang Amerika menyebutnya cookies,sementara orang Belanda menyebutnya koekje artinya kue kecil.

Apapun namanya dan bagaimanapun bentuknya pada prinsipnya kue kering adalah kue yang berbentuk kecil untuk 2-3 suapan(tapi ada beberapa yang berukuran besar),dipanggang dalam oven dan tahan lama.Umumnya kue kering rasanya renyah.Namun,ada juga yang agak liat karena menggunakan madu sebagai pengganti gula,ada juga yang tidak terlalu kering dengan tekstur mirip cake.

Kue kering banyak jenisnya,dari yang klasik dan bertahan sepanjang masa seperti kaasstengels ini.Kaasstengels ini rasanya gurih cenderung asin.Pengunaan keju tua,keju edam membuat rasa dan aroma kaasstengels ini menjadi khas.Ada beberapa kaasstengels yang mengunakan keju parmesan,rasa dan aromanya sungguh memikat,Apalagi ketika baru keluar dari oven......hemmmmmmmm aroma Lebaran......he...he...he....
Tapi bagi saya yang tinggal di kota kecil sudah sangat senang dengan menggunakan keju edam.Hemmmmm makan kaasstengels ini pasti lagi dan lagi.....apalagi untuk ke-4 putra saya yang cheese lovers.....^_^
Berikut adalah resep kaasstengels yummy versi saya.......sampai ngelap iler nih........

Kaasstengels
Source    :Majalah Femina

Bahan
100  gr mentega------>saya pakai unsalted butter
75 gr margarin
2 kuning telur
200 gr tepung terigu------>saya pakai kunci Biru
150 gr keju tua(edam),parut
1 kuning telur,untuk olesan
50 gr keju cheddar,parut kasar,untuk taburan

Cara membuat   :
  1. Panaskan oven pada suhu 160 derajad celcius.Olesi loyang kue kering dengan margarin.Kocok margarin dan mentega dengan mikser berkecepatan sedang hingga lembut dan menggembang.Masukkan kuning telur(speed 1 dengan mikser philips),kocok hingga rata.
  2. Aduk rata tepung terigu dan keju parut.Masukkan ke dalam margarin kocok secara bertahap.Aduk dengan sendok kayu/spatula hingga rata.Jangan terlalu lama mengaduk supaya kue tidak keras.
  3. Masukkan adonan dalam kantung plastik segitiga.Gunting ujung plastik diameter 1 cm.Semprotkan adonan secara memanjang,potong adonan sepanjang 4 cm,rapikan bentuknya.
  4. Pindahkan potongan adonan ke loyang,beri jarak masing-masing 2 cm.Olesi permukaan adoanan dengan kuning telur,lalu taburi keju.
  5. Masukkan ke dalam oven,panggang hingga kuning kecoklatan dan matang(kurleb 20 menit).Keluarkan dari oven,pindahkan ke rak kawat,biarkan hingga dingin.Simpan dalam wadah kedap udara.
Tips    :
  Selain dibentuk panjang seperti tongkat,bentuk bulatan seperti kelereng.
  Terkadang agak susah mengeluarkan adonan dari plastik segitiga,bisa juga menggunakan cookies cutter   yang khusus untuk cetakkan kaasstengels(banyak dijual di toko bahan kue atau SPM)

Untuk 1 adonan diatas hasil jadinya sekitar 400 gr.
Agar hasil kaasstengels renyah dan ketika di makan cepat larut di mulut gunakan selalu tepung terigu yang berprotein rendah.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...