Rabu, April 17, 2013

Brownies kukus ketan keju







Never ending about brownies......mulai dari yang kukus sampai yang panggang.Nggak pernah ada habisnya untuk di explore.Rata-rata sesama teman blogger pasti ada deh menu brownies ini.Mulai dari resep orang sampai resep-resep yang ngasal and kadang ngaco juga(nah yang barusan saya tuuuhhh.....ha...ha...ha...)

Resep yang saya punya ini asalnya dari tabloid saji,lupa edisi kapan dan tahun berapa.Tapi resep aslinya adalah brownies kukus ketan hitam(tepungnya lo....).Tapi saya coba variasi dengan tepung ketan putih,enak lo.Benerannn.......yuk di coba resepnya.....

Brownies Kukus Ketan Hitam 
Source       :Tabloid Saji
Modified   :yoevvy budiman

Bahan       :
75 gr margarinil
200 gr DCC------>saya hanya pakai 100 gr
4 butir telur
175 gr gula pasir--->saya hanya memakai 150 gr,biar tidak eneg
75 gr tepung ketan hitam----->saya pakai tepung ketan putih
30 gr tepung protein sedang
20 gr cokelat bubuk------>saya pakai cokelat bubuk Bensdrop
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
10 gr almond slice untuk taburan------>sebagai gantinya saya pakai selai blueberry untuk olesan,baru di beri parutan keju cheddar
Caraembuat      :
  1. Panaskan margarin.Tambahkan potongan DCC yang sudah dicincang.Aduk sampai larut.Sisihkan.
  2. Kocok gula dan telur 5 menit sampai kental.Tambahkan campuran margarin sedikit demi sedikit sambil dikocok rata(low speed).
  3. Masukkan tepung ketan,tepung terigu,cokelat bubuk.baking powder dan garam sambil di ayak dan dikocok rata dengan kecepatan rendah.
  4. Tuang di loyang 24x12x4 cm yang di oles margarin dan di alasi plastik.Taburkan almond.Kukus 50 menit dengan api sedang.
Tips      :
Untuk resep di atas hasil modifikasi saya,saya tambahkan 1/4 sdt emulsifier lalu kocok dengan gula dan telur sampai kental dan berjejak.
Loyang yang saya pakai ukuran 30x10x3 cm,olesi dengan margarin alasi dengan kertas roti dan olesi lagi bawahnya dengan margarin.
Waktu kukus yang saya gunakan hanya 35 menit,udah ok kok.
Setelah matang,angkat dari kukusan.Biarkan kokoh dulu,tunggu sampai hangat baru balikkan di rak kawat.
Gunakan api dengan panas sedang agar brownies kukus tidak mengelembung bagaian atasnya atau berlubang besar-besar.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...