Selasa, Februari 10, 2015

Vanilla Sponge Cake



Assalamu'alaikum.......
Apa kabar?
Mungkin anda sudah biasa dengan segala embel-embel jenis sponge cake.Tapi hal ini menjadi pengecualian di keluarga besar suami saya dan keluarga kecil kami tentunya.Ibarat primadona sponge cake inilah primadona disetiap acara keluarga.Sukaaaaa dan tidak akan pernah menolak pastinya.Baik tua mau pun muda.Seperti mendiang mertua saya,beliau ini kegemarannya adalah membuat bolu kukus yang mekrok .Tak heran salah satu adik ipar saya hobi berat dengan bolu kukus.Terserah orang mau bilang itu kue jadul atau kue"desa"pokoknya dia suka dan pake banget.Vanila sponge cake diatas kalau di keluarga besar suami saya disebut kue"bolu" sedangkan di keluarga besar saya,Kediri di sebut "keik".Kalau ibu saya beliaulah yang ahlinya,dan yang membuat saya kagum beliau tidak pernah mengunakan emulsifier.Dan telurnya pakai telur ayam kampung.
Kembali ke resep vanilla sponge cake.Resep diatas sebenarnya adalah hasil modifikasi saya pribadi,tentunya bukan hasil karya pribadi saya.Ilmu saya belum sampai disitu,yaaa paling utak-atik atau tambahi sana atau kurangi sini.

VANILLA SPONGE CAKE
Bahan :
  • 8 butir telur ukuran sedang
  • 185 gr gula pasir
  • 2 sdt emulsifier
  • 200 gr tepung terigu protein rendah
  • 30 gr susu bubuk full cream
  • 30 gr tepung maizena
  • 1/2sdt vanili bubuk
  • 125 gr butter,lelehkan-------saya kombinasi margarin dan butter
Cara membuat :
  1. Panaskan oven pada suhu 175'C.Olesi loyang tulban diameter 26 cm dengan margarin,taburi dengan tepung terigu tipis-tipis.Sisishkan.
  2. Dalam sebuah wadah,kocok telur dan gula pasir hingga mengembang.Masukkan emulsifier,kocok lagi hingga kental berjejak.
  3. Turunkan kecepatan mikser pada speed paling rendah,masukan tepung terigu,susu bubuk,tepung maizena dan vanili bubuk yang sudah diayak secara bertahap.Matikan mikser.
  4. Masukkan campuran margarin dan butter leleh,aduk balik.Pastikan tidak ada margarin/butter yang mengendap didasar baskom.
  5. Tuang pada loyang,hentakkan perlahan.
  6. Oven selama  lebih kurang 45 menit atau lakukan tes tusuk.
  7. Setelah agak hangat,balikkan dirak kawat.Potong-potong.Sajikan






Untuk topping saya dan keluarga suka atasnya diolesi dengan butter lalu ditaburi dengan meises cokelat.Sayang meisesnya agak hancur teksturnya.Padahal rasa cokelatnya enak banget.Apa karena type meises yang saya miliki adalah type yang melt jadi gampang hancur kalo salah dalam pengemasan.Saya lebih suka kalo cake ini dinikmati sehari setelah kita membuatnya.Rasanya enaaakk banget.....Recommended 

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...