Rabu, Februari 18, 2015

Sausage Kugelhopft






Assalamu'alaikum.......
Kugelhoft adalah perpaduan antara cake dan roti.Dimana dalam tehnik pembuatannya dicampurkan yeast yang berfungsi sebagai bahan pengembang.Kugelhoft lebih sering dijumpai dalam rupa manis,karena selain ragi/yeast sebagai bahan pengembang ada kismis,kacang-kacangan serta campuran minuman beralkohol dalam pembuatannya.Perpaduan antara cake dan roti ini sangat populer dibeberapa negara Eropa.Terutama negara Jerman.Di beberapa negara Eropa lain seperti Polandia,Slovakia dan Republik Czech(baca : Chehnya) cake ini populer dengan sebutan babka.Cake ini sebenarnya adalah sejenis marble cake atau bundt cake,karena dicetak dengan mengunakan loyang bundt.Di negaranya sana si kugelhoft sering menjadi sajian teman minum kopi atau saat acara coffee breaks.Untuk lebih jelasnya apa dan bagaimana kugelhopft bisa ke sini. Kalo di Indo cake jenis ini lebih masuk sebagai kategori bluder cake.Sama-sama ada pemakaian yeast dalam pembuatannya.Tehnik pembuatannya pun juga hampir sama.Tapi untuk hasil masih lembut bluder cake.Kalo kugelhopft( duh susah banget ya ngeja namanya,hihihi) biasanya rasanya cenderung manis tapi kali ini saya tertarik dengan resep Primarasa,dapur populer Femina .Yaitu dengan rasa yang sedikit asin.

SAUSAGE KUGELHOPFT
Bahan :
  • 300 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 bungkus (11 gr) ragi instan
  • 100 gr margarin
  • 1 sdt garam
  • 100 gr gula pasir
  • 3 butir telur
  • 240 ml susu cair
  • 150 gr sosis-------saya cuma pakai 120 gr
  • 25 gr keju cheddar,parut-------saya pakai 50 gr
Cara membuat :
  1. Campur jadi satu tepung terigu dan ragi instan,aduk hingga rata,sisihkan.Kocok margarin,garam dan gula hingga mengembang dan gula larut,sambil masukkan telur satu persatu ke dalam adonan,kocok hingga tercampur rata.
  2. Secara bertahap,masukkan campuran tepung bergantian dengan susu ke dalam wadah sambil terus dikocok dengan mikser hingga tercampur rata.Sisihkan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Panaskan oven pada suhu 180'C.Olesi loyang tulban ukuran 22 cm dengan margarin lalu taburi dengan tepung.Masukkan 100 gr sosis dan sebagian keju parut ke dalam adonan,aduk hingga rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang.Taburi sisa sosis dan keju di permukaannya.Diamkan selama 15 menit.
  5. Masukkan loyang ke dalam oven,panggang selama kurang lebih 40 menit,angkat,keluarkan dari oven,biarkan hingga agak dingin.
  6. Keluarkan kue dari loyang.Potong-potong menjadi 16 bagian,hidangkan.








Kalo rasanya saya lebih suka bluder cake.Kugelhupft ini cenderung padat meski ada pemakaian ragi instan,rasanya cenderung asin.Dan juga mengenyangkan karena teksturnya yang padat.Sosis bisa disubtitusi dengan daging asap atau kornet beef.Untuk rasa lumayan enak,meski tidak bisa di bilang enak banget sih....Untuk variasi agar anak-anak tak bosan dengan jenis cake yang itu-itu saja.




Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...