Kamis, Februari 19, 2015

Chocolate Chip Muffins






Assalamu'alaikum.......
Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat,pasti semua suka.Tak terkecuali dengan anak-anak saya.Apalagi cokelat dalam bentuk choco chip.Mau dibuat cake a la pound cake,cookies sampai menjadi isian brownies mereka sangat suka.Muffin dengan campuran choco chip adalah contoh cake yang simpel dan anak-anak pasti suka.Muffin yang saya buat kali ini resepnya dari buku yang di tulis oleh Jacqueline Bellefontaine yang berjudul What's Cooking Chocolate yang berisikan semua makanan berbahan dasar cokelat,mulai dari cakes,gateaux,small cakes,cookies,hot puddings,cold desserts serta aneka minuman dari cokelat.Saya ingin buat yang simpel dulu dan kebetulan bahannya saya punya,yaitu choco chip muffin.Dikatakan simpel karena no mikser alias tinggal aduk-aduk saja.

CHOCOLATE CHIP MUFFINS
Bahan :
  • 100 gr margarin/butter
  • 225 gr gula halus-------saya pakai 200 gr
  • 2 butir telur
  • 150 ml yogurt kental plain
  • 5 sdm susu bubuk full cream
  • 275 gr tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt baking soda/soda kue-------saya hanya pakai 1/2sdt
  • 175 gr chocolate chips
Cara membuat :
  1. Alasi loyang muffin(yang isinya 12) dengan paper cup.
  2. Tempatkan margarin/butter dan gula halus dalam mangkuk besar dan aduk mengunakan sendok kayu sampai sampai lembut dan mengembang.Tambahkan telur satu persatu.Aduk rata.Masukkan yogurt,aduk rata.
  3. Ayak tepung terigu dan baking soda,masukkan dalam adonan.Aduk asal rata.Jangan mengaduk berlebihan.
  4. Masukkan chocolate chips,aduk asal rata.
  5. Masukkan dalam loyang muffin yang sudah dialasi dengan paper cup hingga 3/4 tinggi.Panggang dalam oven yang sudah terlebih dahulu dipanaskan dengan suhu 185'C selama 25 menit atau lakukan tes tusuk.Keluarkan,biarkan 5 menit dalam cetakan.Pindahkan ke wire rack,biarkan dingin.Sajikan.

Rasanya enak,meski dengan aduk-aduk saja.Dan juga moist karena pengunaan yogurt dalam adonan.Panggang 10 menit pertama dengan suhu tinggi,saat adonan mulai naik turunkan suhu dan panggang sampai matang.Muffin ini bisa juga dicetak dengan ukuran mini.Kalo mau ukuran mini hasi jadinya kurang lebih 24 buah mini muffin.



Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...