Jumat, Mei 17, 2013

Talam Lapis Pisang


Sudah lama sebenarnya ingin mencoba bikin lapis ini.Bukan lapis biasa soalnya,santannya kental banget.Antara ya ama tidak mau coba bikin.Secara saya kalo bikin adalah lapis beras yang biasa,anak-anak sukanya yang seperti itu,lapis beras biasa.Resep yang saya miliki ini sudah lama,dari majalah Femina.Kadang setiap buka-buka resep cuma liat aja,pingin coba tapi kapan?????
Nah kebetulan ada event idfb(member baru nihhh^_^),bikin deh lapisnya.Kenapa judunya talam lapis pisang?ya memang begitu resepnya....hehe.Talam yang biasa kan biasanya cuma terdiri dari 2lapis saja,nah kalo yang ini terdiri dari 4lapis.Lapisan paling bawah warna putih,rasanya gurih agak manis.Trus yang cokelat lapisan atasnya,manis tapi tidak terlalu manis banget,untuk lapisan cokelat ini terbuat dari campuran gula pasir dan gula palem.


Berikut adalah resep dan cara membuatnya serta ada beberapa tips atau catatan dari saya mengenai pembuatan talam lapis pisang.

Talam Lapis Pisang
Source   :majalah Femina

Bahan    :
Minyak sayur untuk olesan
Lapisan putih:
125 gr tepung beras
50 gr tepung kanji
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk
600 ml santan hangat dari 11/2 butir kelapa parut
3 buah pisang raja,kupas,potong membujur 2 bagaian,potong melintang 1cm
Lapisan cokelat:
750 ml santan dari 1 butir kelapa parut
2 lembar daun pandan,simpulkan
125 gr tepung beras
50 gr tepung kanji
1/2 sdt garam
200 gr gula palem
50 gr gula pasir

Cara membuat:
  1. Lapisan putih:Campur tepung beras,tepung kanji,gula,garam dan vanili,aduk rata.Tuangi santan,aduk perlahan hingga rata.Tambahkan potongan pisang,aduk rata.
  2. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 20x20x5 cm yang telah diolesi minyak.Kukus dalam dandang panas selama 10 menit hingga matang.Angkat,sisihkan.
  3. Lapisan cokelat:Rebus santan dan daun pandan hingga mendidih,angkat biarkan hingga suam-suam kuku.Sisihkan.
  4. Campur tepung beras,tepung kanji,garam,gula palem dan gula pasir,aduk rata.Tuangi santan sambil aduk perlahan hingga tercampur rata.
  5. Penyelesaian:Tuang 1/3 adonan cokelat di atas lapisan putih,kukus dalam dandang panas selama 6 menit hingga 1/2 matang.Tuang kembali 1/3 adonan cokelat di atasnya,kukus kembali hingga 1/2 matang.Ulangi hingga adonan cokelat habis.Kukus dalam dandang panas selama 30 menit hingga matang.Angkat,dinginkan.Potong-potong,sajikan.

kelihatan berminyak ya,santan yang super kental mengandung minyak alami


Catatan dari saya:
  • Sebelum digunakan ,olesiloyang dengan minyak sayur atau alasi dengan plastik supaya kue mudah dikeluarkan.
  • Jangan langsung menuang santan panas yang baru mendidih karena akan menggumpal.
  • Kukus lapisan putih hingga setengah matang saja,karena jika terlalu matang,lapisan cokelat tidak bisa melekat dengan sempurna.
  • Lakukan hal yang sama untuk membuat lapisan cokelat berlapis.Hati-hati saat menuang di atas lapisan yang masih setengah matang karena masih sangat mudah'pecah'
Untuk rasa talam lapis ini sangat'manteg' alias super gurih.Inget ya yang lagi diet...hehhe...Satu loyang kalo di potong jadi 25 potong dengan ukuran 4x4 cm.
Saya sarankan jangan menggunakan santan instant ya,bedaaaa banget nanti rasanya.Ini pengalaman saya beberapa hari yang lalu bikin nagasari.Kacau.....adonan udah kenyal bagus eh giliran rasa engak banget menurut saya.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...