Rabu, Mei 15, 2013

Oliebollen,Olibalen[traditional Dutch food]



Oliebollen(atau di lidah kita orang Indonesia biar mudah baca ama nulisnya,olibalen) atau di Belgia disebut smoutebollen(ini dari wikipedia ya,artinya kue sekali suap gitu ya barangkali....haha...ha asli ngarang) adalah kue gorengan asal Belanda yang berisi kismis atau potongan apel dengan rasa mirip donat.

Di Belanda kue ini secara tradisi dimakan pada malam pergantian tahun.Oliebollen dibuat dengan cara menggoreng adonan di dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan.Adonan dibuat dari tepung,telur,ragi,garam dan susu cair.
Sedangkan di Inggris sendiri kue ini dikenal sebagai Dutch Doughnuts atau Dutchies,di makan sebagai pelengkap dessert yaitu es krim.
Berikut adalah resep oliebollen yang saya dapat dari Saji edisi Pemula.

Bahan  :
300 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdt ragi instant------->saya pakai fermipan
30 gr gula pasir
1/2 sdt baking powder------>bisa pakai merk hercules atau royal
1 butir telur
200 ml susu cair------->saya pakai susu cair Ultra
30 gr margarin
1 sdt garam
100 gr fruit mix(ceri merah,ceri hijau dan kismis)potong-potong----->saya hanya pakai kismis dengan jumlah yang sama
50 gr gula tepung untuk taburan------>saya pakai gula donat
minyak padat untuk menggoreng

Cara membuat    :
  1. Campur tepung terigu,ragi instant,gula pasir dan baking powder.Aduk rata.Tambahkan telur.Uleni rata.
  2. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai lembut.Masukkan margarin dan garam.Uleni rata.
  3. Tambahkan fruit mix.Uleni rata.Diamkan 30 menit.
  4. Sendokkan adonan dalam minyak padat yang di panaskan dengan api sedang.Goreng sampai matang.Angkat dan tiriskan.
  5. Masukkan gula tepung dalam kantong plastik.Masukkan olibalen.Kocok-kocok rata.








Gorengan ini asli empuk,saya kemaren waktu bikin untuk cairan susu tidak saya ikutkan semua.Begitu adonan sudah kalis dan lembut penggunaan susu cair saya hentikan,jadi sewaktu akan di goreng tinggal dibulatkan pakai tangan saja.Untuk variasi isian buah bisa pakai buah apel yang di serut atau dipotong bentuk korek api atau bisa juga memakai buah nanas segar atau kaleng yang dipotong kecil-kecil. Yuk di coba resepnya.....cocok buat cemilan anak-anak atau teman minum kopi sama teh manis

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...