Rabu, Mei 22, 2013

Nagasari



Kue tradisional yang satu ini paling sering tampil pada acara-acara tertentu pada kebanyakkan tradisi kami sebagai orang Jawa.Tapi seiring berkembangnya dunia kuliner sekarang ini jajanan tradisional sering hadir selain acara tradisi Jawa,rapat ataupun arisan seringkali kue ini menjadi pelengkap menu snack boks.

Memang kue nagasari ini tidak membosankan,ada rasa manis dan gurih perpaduan dari gurihnya santan dan manis dari buah pisang.Gunakan selalu santan yang fresh dan bukan santan instant,itu adalah kunci utama dalam pembuatan kue-kue tradisional yang memang membutuhkan santan.
Tapi itu juga tergantung selera dan melihat dari sisi kepraktisan semata.

Mungkin postingan saya untuk bulan Mei ini untuk aneka kue kebanyakkan berbahan dasar pisang,karena beberapa waktu yang lalu kami sekeluarga pulang ke Kediri sillaturahim ke orang tua dan pulangnya kami di oleh-olehi pisang ibu'....pisang ini(sepengetahuan saya)adanya di Kediri,karena di beberapa kota yang sempat kami tinggali pisang ini belum pernah saya temukan.Kalo di kota kami pisang ini namanya pisang raja nangka sebagai bahan utama pembuatan gethuk pisang,sudah tau kan gethuk pisang????

Gethuk pisang adalah oleh-oleh khas dari kota kami Kediri,tentu saja selain Tahu Kuning.Pisang ini selain di buat gethuk juga bisa dijadikan pisang goreng,kolak,isian nagasari atau dikukus begitu saja juga sudah enak.Dulu banyak sekali pohon pisang raja ini di rumah,karena biasa pekarangan keluarga kami di desa luas jadi ya macam-macam tanamannya.Tetapi sekarang sudah banyak berkurang,maklum Bapak sudah agak sepuh kasian juga kalo bersih-bersih terus.
Kembali ke soal pisang,warna kulitnya hijau sekilas mirip sama pisang ambon.Tapi pisang ini kalo di tempat kami tidak lazim dikudap begitu saja seperti layaknya buah pisang yang dijadikan dessert.Pisang ini harus di olah dulu menjadi penganan sedemikian rupa baru bisa disajikan.Kalo dulu kami(waktu masih kecil,saya atau adik saya)ketahuan makan pisang ini,dan hal ini diketahui nenek saya beliau pasti berkomentar"kok ngragas gedhang rojo nongko kudu di masak sik"(kok seperti orang kurang makanan saja,pisang raja nangka ya harus di masak dulu)begitu kurang lebih maksudnya....hehe...hehe...

Namanya juga anak-anak mana ngerti,ngertinya pisang enak ya dilahap aja....haha...haha.....Eh tapi itu beneran kebawa saya sampai sekarang lo,ngak pernah'asal nyomot'saja.Pasti di masak dulu.Sebenarnya sah-sahnya saja mau dikudap langsung juga ngak ada larangannya.....haha...haha....
Tapi untuk harga pisang ini jangan disamakan dengan pisang raja yang beneran ya,muraaah banget.1 sisir(lupa isi berapa,jarang beli)nggak sampai 10 ribu,padahal 1sisir bisa isi 13 atau 12 dan pisangnya gedeeee(pake banget)apalagi kalo kita belinya pake pinter nawar.

 
nah ini pisangnya,pisang raja nangka
Hemmmm baunya juga wangi layaknya pisang raja.Kalo saya pribadi daripada pisang kepok masih suka pisang raja nangka ini.Kadang masih mahalan pisang kepok.Sayang dikota yang sekarang kami tinggali pisang ini ndak ada,padahal kalo dijadikan pisang goreng manteeeeep.......

Kembali ke kue nagasari,pingin dong bikin sendiri.Memang sih seringnya beli,karena kalo disini daun pisangnya beli...he..he....Kemaren saya juga bawa daun pisang dari Kediri sekalian......whuuuuuuuatttt......biarin mumpung liat daun pisang dirumah bagus-bagus daripada jadi klaras(daun pisang yang sudah kering).

Nagasari
Source:majalah Femina

Bahan:
200 gr tepung beras,siap beli
800 ml santan dari 3/4 butir kelapa
2 lembar daun pandan,ikat sobek-sobek
50 gr tepung sagu------>dari saya
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
daun pisang,potong ukuran 15x20 cm,untuk membungkus
600 gr pisang tanduk matang pohon,kupas,potong melintang 1/2 cm
Cara membuat:
  • Tuangi sedikit demi sedikit tepung(tepung beras dan tepung sagu)dengan 500 ml santan sambil diaduk dari bagaian tengah secara searah hingga tidak berbutir-butir.Sisihkan.
  • Didihkan sisa santan,daun pandan,gula pasir dan garam sambil diaduk rata hingga gula larut.Kecilkan api.Masukkan larutan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.Angkat.
  • Taruh 1sdm adonan disetiap lembar daun pisang.Taruh sepotong pisang ditengah,bungkus dan lipat kedua ujung daun kearah belakang.
  • Kukus dalam dandang panas selama 20 menit hingga matang.Angkat.Sajikan.



Biasanya nagasari ini kalo baru mateng bentuknya pasti ngak karuan gitu,maklum baru dikukus sekiat menit dan pasti terkena tekanan uap panas.Agar bentuknya rapi setelah tidak begitu panas tetapi masih dalam keadaan hangat rapikan dan agak dipadatkan di salah satu sisi,lalu bungkus lagi seperti semula.


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...