Selasa, Mei 28, 2013

Sup Krim Jagung dan Daging Sapi Asap




Assalamu'alaikum.......apa kabar semua?^_^lama banget ngak posting ya,bukan blogging blue ya....he....he...beberapa hari kemaren memang sengaja tidak duduk manis didepan PC,yaa si mas yang pertama(mas Atta)Unas....jadi segenap tenaga dan pikiran ada di mas.....kalo cooking pasti tiap hari.Baking??sometimes....memang menginjak mas Atta semester genap orderan sengaja saya batasi,toh kalo ada saya usahakan di akhir pekan.

Sesuai subject diatas,beberapa hari belakangan cuaca di kota kecil kami dingiiin.Dan itupun di sertai mendung,bahkan mendung mulai pagi hari hingga sore menjelang.Tak jarang juga hujan mulai pagi.....nah kalo sudah seperti itu maunya makan yang anget-anget.O ya jangan heran ya kalo postingan berikutnya nanti juga berupa sup,maklum putra saya yang doyan masakan pedes masih seorang saja,mas Atta^_^

SUP KRIM JAGUNG DAN DAGING SAPI ASAP
Source:majalah Femina

Bahan:
Minyak untuk menumis
3 lembar daging sapi asap,potong persegi empat 1/2cm
75 gr daging ayam asap
2 sdm mentega tawar
2 siung bawang putih,cincang halus
1 buah (150 gr) bawang bombay,belah membujur dua bagaian,iris melintang tipis
2 batang seledri besar,iris melintang tipis
2 sdm tepung terigu berprotein sedang
1 L susu cair------->saya pakai susu Ultra cair
1 1/2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
250 gr biji jagung manis------>saya ganti wortel potong kotak kecil,dengan jumlah yang sama
Pelengkap:
1 buah roti prancis,iris serong tipis------>saya pakai roti tawar,1lembar potong menjadi bagaian 6
Aduk rata:
2 sdm mentega tawar
1 sdm peterseli cincang------>saya pakai daun seledri yang dicincang halus

Cara membuat:
  • Panaskan minyak.Tumis daging sapi asap hingga berubah warna.Angkat.Tiriskan.
  • Tumis ayam asap dengan sisa minyak menumis daging sapi asap hingga permukaanya kecokelatan.Angkat.Tiriskan.Iris melintang tipis.Sisihkan.
  • Pelengkap:Olesi roti dengan campuran mentega.Panggang dalam oven panas suhu 160 derajat C selama 5 menit hingga garing.Sisihkan.
  • Lelehkan mentega tawar.Tumis bawang putih hingga harum.Masukkan bawang bombay dan batang seledri,aduk rata.
  • Tambahkan tepung terigu,aduk cepat hingga matang.Kemudian tuangkan susu,aduk rata.Bubuhkan garam,merica,dan pala bubuk,aduk rata.
  • Masukkan jagung,aduk rata.Masak hingga semua bahan matang dan agak kental.Angkat.
  • Penyajian:Tuangkan sup ke dalam mangkuk.Atur daging ayam asap diatasnya.Kemudian taburi dengan daging sapi asap.Sajikan hangat dengan pelengkap.
Kebetulan pas bikin sup ini diluar sedang hujan lumayan deras.Cocok dehh maem yang anget seperti sup ini.
Untuk bahan-bahan di atas sesuaikan saja dengan persediaan bahan yang ada di rumah.Saya juga begitu,daging asap juga tinggal 3 lembar,ayam asap juga ngak ada subtitusi aja pake sosis kualitas bagus....jagung juga ngak ada ganti aja pake wortel.....finally jadi sup krim yang lezattttt.....untuk susu cair jangan di ganti air biasa ya,nanti judulnya bukan sup krim lagi doooong.....he...he....he
Apalagi sampai diganti sama susu kental manis yang diencerkan.....jangaaaaaan....he...he....

Untuk pelengkap ngak harus roti prancis apalagi untuk saya yang tinggal di kota kecil,barang langka banget tuhhh.....pakai saja roti tawar yang ada pinggirannya pun boleh.Potong menjadi 6 bagaian oles dengan bahan olesan,lalu oven.Kalo males pakai oven,gunakan wajan anti lengket.Wajan anti lengket tidak perlu di oles apapun,gunakan api keciil sekali agar roti tidak cepat gosong.

Atau ngak ada roti???ahhhh pakai nasi juga oke(ala putra saya)karena roti begitu mateng langsung ludes..he...he....sajikan nasi dan sup krim dengan wadah yang terpisah.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...