Jumat, Mei 03, 2013

Simple Banana Cake


ini bahan-bahannya.......
Sudah lama sekali saya tidak pernah bikin cake yang satu ini,ya memang agak saya kurangi untuk bikin makanan yang manis-manis.Walaupun banana cake ini menurut anak-anak dan suami tidak terlalu manis seperti kebanyakan cake yang lain.Yaaa mengajarkan anak-anak pola hidup sehat,salah satunya dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kadar gulanya.

Sebenarnya kalo bikin banana cake ini yang suka cuma saya,suami sama putra saya yang nomer 3 sama si bungsu saja.Beberapa waktu yang lalu saya googling di detik food,kebetulan pas buka halamannya langsung lihat sibanana cake ini.Langsung dehhh latah pingin bikin.Saya lihat komposisi di resep pisangnya kok lebih banyak dari pada resep banana bread yang saya punya.

Simple Banana Cake

Bahan:
110 gr unsalted butter
200 gr gula pasir-------saya hanya pakai 175 gr gula yang saya blender
2 butir telur ayam
400 gr pisang ambon yang masak,kupas dan haluskan------->saya pakai pisang SUNPRIDE
90 ml susu segar,aduk dengan 1 sdm air jeruk lemon
Ayak jadi satu:
280 gr tepung terigu------->saya pakai kunci Biru
1 sdt soda kue
1 sdt vanili bubuk
Taburan:
1 sdm biji bunga matahari-------->saya gak pakai,gak ada soalnya
2 sdm almond iris tipis--------->saya pakai almond slice
75 gr keju cheddar---------->saya tambah sendiri

Cara membuat:
  • Semir loyang loaf 22x10x8cm dengan margarin dan taburi sedikit dengan terigu.
  • Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut.
  • Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
  • Masukkan pisang halus,aduk rata.
  • Masukkan campuran terigu berselingan dengan susu.
  • Aduk rata,tuang ke dalam loyang.
  • Beri bahan taburan.
  • Panggang dalam oven panas 180 derajad C selama 40 menit.
  • Angkat.Dinginkan.


Terus terang pas baca resepnya,kayaknya cake ini manis kalo pakai 200 gr gula.Secara pisangnya juga sudah manis menurut saya.Beneran,setelah cake matang dan dingin rasa manisnya"sopan"versi lidah saya.Cocok buat teman minum teh di sore hari atau teman sarapan pagi dengan segelas susu hangat.

Untuk cairan susu yang di campur dengan air jeruk lemon,bisa disubtitusi dengan yogurt yang plain.Karena pada dasarnya cairan ini fungsinya seperti buttermilk,yaitu menjaga kelembaban cake.


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...