Rabu, September 09, 2015

Wonton Soup (Sup Pangsit )



Latest post,tumben banget ya kali ini selesai masak langsung posting.Iya sih,bikin yang seperti ini niatnya sudah lama banget.Nunggu momen yang pas,yaitu pas malesnya ngak kambuh,hehehe....Mulai dari menggiling daging ayam dan daging udang sendiri,hunting kulit pangsit bak nyari jarum dalam tumpukan jerami.Salah satu SPM dikota kami yang biasanya stoknya banyak pun juga kosong alias gak punya stoknya.Mau gilas mengilas,oh my pasti seharian akan berkutat didapur sambil bolak-balik anak saya keluar masuk dapur karena ibunya kelamaan didapur....Akhirnya dapat kulit pangsitnya di tukang selep daging buat bakso.
Wonton adalah nama lain untuk sup pangsit,dimana pangsit adalah makanan berupa cincangan daging (ayam dan udang) yang dibungkus lembaran tepung terigu.Untuk lebih lengkapnya bisa kesini.Resep untuk isian wonton ini saya gabung dari bermacam-macam blog stalking saya,yang akhirnya saya gabung-gabung pakai resep sendiri.Intinya adalah pengunaan kulit pangsit untuk membungkusnya.Karena rata-rata resep luar yang saya lihat adalah mengunakan kecap asin,karean sependek yang saya ketahui kecap asin ada kandungan monosodium glutamatnya.Bukan apa-apa ingin hidup lebih sehat saja,selain itu saya masih mempunyai balita.

Wonton Sup (sup pangsit)

Bahan :
- 45 lembar kulit pangsit (kurang lebih)
- 300 gr babt bokchoy,blansir
Isi,aduk rata :
- 400 gr daging ayam giling
- 100 gr udang kupas,cincang
- 2 sdm bawang merah goreng,remas-remas
- 1/2 sdm bawang putih goreng,remas-remas
- 1 batang daun bawang,iris halus
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 1/2 sdt garam halus
- 1sdt gula pasir
- 2 sdm tepung maizena
- 1/2 sdt minyak wijen

Kuah :
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis
- 5 siung bawang putih,geprek
- 1 ruas jari jahe geprek
- 1500 ml air kaldu ayam
- 2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt minyak wijen

Cara membuat :

  • Isi : Taruh 1 sdt bahan isi ke selembar kulit pangsit.Olesi pinggiran kulit dengan air/putih telur.Lipat sambil menekan keluar udara yang mungkin terperangkap di dalam.Step by step melipat kulit pangsit bisa dilihat disini
  • Kuah : Panaskan minyak goreng,tumis bawang putih dan jahe hingga harum.Masukkan ke rebusan air kaldu.Masukkan semua bahan kecuali minyak wijen. Koreksi rasa.Didihkan,menjelang diangkat masukkan minyak wijen.
  • Didihkan air dalam panci,masukkani  sedikit minyak goreng supaya nanti setelah matang pangsitnya tidak saling menempel.Masak wonton hingga matang.Angkat,tiriskan.
  • Penyajian :Dalam mangkuk saji,taruh bokhcoy dan 5 buah wonton.Siram dengan kuah panas.Sajikan hangat.


Karena saya keluarga besar maka saya bikinnya juga langsung dalam jumlah besar.Jika anda keluarga kecil bisa bikin 1/2 atau 1/4 kali resep.Pengunaan antara udang dan ayam bisa dibalik,lebih banyak udang dengan sedikit daging ayam giling.


Rasa dari kaldu untuk wonton sup ini memang mild saja karena saya tidak memakai penyedap sama sekali.Rasa kuah yang mild diimbangi dengan wonton yang gurih sungguh nikmat.Untuk resep diatas separuh dari wonton saya goreng,makanya takaran kaldu untuk kuah tidak terlalu banyak.Ternyata anak-anak suka wonton yang digoreng,lebih kriuk dan nikmat katanya....Recommended

2 komentar:

Anonim mengatakan...

hai mb nyontek resepnya,coz gak pke msg.Seneng dech,salam Rima

Unknown mengatakan...

Silahkan mb Rima,terima kasih sudah mampir dan berkenan meninggalkan komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...