Selasa, September 15, 2015

Cake Nangka Keju



Assalamu'alaikum.......
Bagaimana kabar hari ini?......Semoga sehat selalu ya,masak apa hari ini? Atau mungkin sedang baking ? Jika sedang baking mungkin cake nangka ini bisa menjadi next challenge anda berikutnya.Cake nangka ini gampang bikinnya,ngak usah pakai mikser pun jadi.Cuma aduk-aduk saja.Dan juga tidak mengunakan bahan pengembang sama sekali.Insha Alloh sehat.Buah nangka selain enak dikudap biasa (sebagai dessert),digunakan untuk es campur,campuran es dawet ataupun aroma dalam es krim dan bahkan di buat es juice, juga enak dibuat kue.Aromanya wangiiiii.......
Daging buah nangka yang tebal dan berwarna kuning keemasan dengan aroma manis yang khas dan tajam memang selalu mengoda.Saya sendiri sebenarnya lebih suka kalo buah nangka yang sudah masak langsung dimakan biasa,tapi sekali-kali ingin rasanya buat cake dengan bahan dasar buah nangka ini.Kebetulan dipasar banyak penjual nangka dan bagus-bagus.Favorit saya adalah nangka dengan daging buah yang tebal,yang didalam buah nangkanya ada sedikit airnya (nektar),airnya sendiri manis rasanya.Tapi tidak semua nangka mengandung nektar.Hanya buah nangka yang berdaging tebal saja yang mengandung nektar.Mungkin memang jenis nangkanya yang berbeda.Kembali keresep cake nangka.Cake nangka yang saya buat ini sebenarnya modifikasi dari resep saya puding tape bakar,hanya sedikit variasi dari saya.

CAKE NANGKA KEJU

Bahan : 
- 400 gr nangka tanpa biji,potong-potong,blender dengan 50 cc susu cair
- 165 gr tepung terigu serbaguna
- 25 gr susu bubuk full cream
- 150 gr gula pasir
- 3 butir kuning telur
- 1 butir telur
- 200 ml susu cair
- 100 gr margarin,lelehkan
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/4 sdt kayu manis bubuk

Taburan :
- 50 gr keju cheddar parut

Cara membuat : 

  1. Panaskan oven dengan suhu 175'C.Olesi loyang 20x20x3 cm dengan margarin,alasi dengan kertas roti.Olesi lagi kertas roti dengan margarin tipis-tipis.Untuk alas berikan lebihan pada tepi-tepinya,jadi sewaktu cake matang tinggal diangkat saja tidak usah pakai dibalik.Karena cake ini lumayan lembut.
  2. Campur nangka yang sudah diblender dengan gula pasir,aduk-aduk hingga gula larut.Masukkan kuning telur dan telur(supaya lebih mudah kocok lepas dahulu telur dan kuning telur) aduk rata,kemudian masukkan margarin leleh.Aduk rata.
  3. Tambahkan tepung terigu,susu bubuk,vanili dan kayu manis bubuk (ayak terlebih dahulu) aduk rata.Tuang susu cair,aduk rata.
  4. Tuang dalam loyang,oven selama 15 menit.Keluarkan,taburi dengan keju parut.Oven kembali selama 30 menit,atau sampai keju berwarna keemasan.Lakukan tes tusuk.
  5. Keluarkan dari oven,biarkan agak hangat.Angkat dari loyang,dinginkan.Potong-potong.Sajikan.
Ketika dioven cake ini baunya semerbak sampai ke tetangga sebelah dan sebelah lagi,hehehehe.......Saya kira cake ini yang menghabiskan saya dan suami saja.Rasa cake nangka keju ini manis legit.Ternyataaaaa........,anak-anak doyaaan.Bungsu saya malah menamakan cake ini,"cake paling eanaaak mama".....Alhamdulillaaah suka sayang.Malah minta dibikinkan lagi.Cake ini cenderung pendek tidak setinggi puding tape bakar yang pernah saya buat.Aduk-aduk ringan saja adonan mengunakan hand whisk,asal adonan bercampur dan tidak ada yang mengumpal.Lama pengovenan juga tergantung masing-masing oven.Jangan lupa lakukan tes tusuk.









Selamat mencoba,semoga suka.......

2 komentar:

cara membuat tape ketan mengatakan...

waaah, makasih resepnya bund

Unknown mengatakan...

sama-sama,semoga cocok.Terima kasih sudah berkunjung

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...