Minggu, September 13, 2015

Lapis Beras Pandan Suji






Salah satu item kue tradisional favorit keluarga kecil saya.Untuk kue lapis beras ini lumayan sering saya bikinnya.Mungkin sebulan 2 sampai 3 kali saya bikin.Lumayan kan,daripada sebulan cuma 1 kali saja,hehehe.......
Biasanya saya bikin pas malam hari kalo anak-anak saya sudah pada lelap,yaitu jam 9 nan keatas atau terkadang selesai tandem anak-anak saya belajar,walau mas nya yang no 1 dan 2 sudah tidak perlu tandem belajar lagi tapi tetep saja kalo belajar minta ditunggui.Maklum anak saya yang no 1 dan 2 sudah duduk disekolah menengah pertama.Bikin lapis malam hari bukan tanpa alasan,karena bungsu saya biasanya begitu lapisnya mateng langsung saja minta dipotong seperti halnya saya bikin cake.Kalo cake sih ngak terlalu masalah nah kalo kue lapis ini perlu"set"terlebih dahulu baru bisa dipotong rapi.Paling tidak menunggu selam kurang lebih 6 jam......
Kali ini saya bikin kue lapis beras pakai resepnya mb Lukie.Seperti judul saya diatas kue lapis ini wangi khas pandan suji.Padahal saya sedikit kesulitan untuk mendapatkan daun suji disini,karena saya memang tidak punya tanamannya sendiri.Kalo dirumah orang tua saya di Kediri banyak sekali daun pandan suji ini di belakang rumah dan tumbuh subur.


LAPIS BERAS PANDAN SUJI

Bahan :
- 250 gr tepung beras
- 100 gr tepung tapioka/kanji
- 300 gr gula pasir
- 1 liter santan dari 1 butir kelapa
- 6 lembar daun pandan
- 30 lembar daun pandan suji-------saya hanya pakai 20 lembar+3 lembar daun pandan,blender dengan air.Hasil jadi 75 ml air daun pandan suji
- 1 sdt garam

Cara membuat :

  1. Rebus 1 liter air dan 4 lembar daun pandan wangi hingga menyusut 1/2.
  2. Blender kelapa parut beku dan air daun pandan,peras.
  3. Blender daun suji+2 lembar daun pandan wangi,peras.Saring.
  4. Buat campuran santan dan daun suji sedemikian rupa hingga total 500cc (untuk adonan hijau)
  5. Sisihkan 500cc santan lainnya untu adonan putih.
  6. Untuk masing-masing bagian santan ditambahkan 150gr gula pasir,jeras sebentar diatas kompor sambil diaduk hingga gula larut (tidak usah sampai mendidih),biarkan hangat kuku baru masing-masing ditambahkan 125gr tepung beras dan tepung kanji.
  7. Panaskan klakat dan oles loyang dengan minyak goreng,alasi dengan plastik food grade atau daun pisang.-------saya pakai loyang ukuran 20x20x5 cm
  8. Gunakan 2 sendok sayur dengan ukuran yang sama untuk menuangkan adonan putih dan hijau.
  9. Jika ingin tipis,jangan risau jika lapisan pertama tidak bisa menutup rata loyang (bisa jadi karena loyangnya miring) dan ini susah untuk disiasati karena tipis.Biarkan saja nanti lapisan berikutnya akan rata dengan sendirinya.
  10. Kukus setiap lapisan hingga mengkilat,baru tuang lapisan berikutnya (kurang lebih 5 menit).
  11. Setelah lapisan terakhir,lanjutkan mengukus selama 30 menit.
  12. Biarkan hingga benar-benar dingin baru bisa dikeluarkan dari loyang dan dipotong.





Meski bagi beberapa orang membuat lapis adalah hal yang ribet,tapi saya menyukai aktifitas yang satu ini.Penantian yang berjam-jam,mulai dari proses pembuatannya hingga akhirnya lapis ini bisa benar-benar dipotong memang lama,total 12 hingga 14 jam.Rasa capek itu terbayarkan dengan melihat hasilnya,menikmati layer demi layer lapisannya.Dan yang lebih membuat saya bahagia adalah ini favorit anak-anak dan suami.Lapis beras pandan suji ini adalah salah satu kue tradisional best seller dari dapur kami.Terima kasih kami tak terhingga bagi loyal kastemer kami.Meski ditengah gencarnya kue-kue nan modern,kue lapis ini tetap dihati.
Tips dari mb Lukie supaya potongan kue lapisnya rapi,bungkus pisau dengan plastik cling wrap.Mengirisnya pun bukan seperti mengiris cake dengan gerakan naik turun seperti gergaji melainkan tusuk sampai dasar,kemudian tarik pisau sepanjang kue lapis.




Mari kita lestarikan kue-kue tradisional khas Indonesia,kalau bukan kita siapa lagi.Jazakumullah buat mb Lukie.....

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...