Minggu, September 20, 2015

Sayur Godog Tempe



Assalamu'alaikum.......
Apa kabar hari ini ?,Semoga selalu sehat ya,dan bisa menjalankan semua aktifitas tanpa halangan apapun.Amiin.......
Alhamdulillah sudah hari senin kembali ya,pasti penuh dengan semangat baru karena energi sudah kembali penuh setelah direcharge selama 2 hari.Menu sayur godog tempe ini adalah menu kami akhir pekan kemarin.Jarang-jarang saya masak seperti ini,itu pun sengaja saya tempatkan sebagai menu akhir pekan.Selain memang rasanya agak pedas juga,rupanya ke empat prajurit kecil saya kurang menyukai sayur bersantan.Dan kebetulan saya pun suami juga sedang mengurangi sayur yang bersantan.Lagi pula untuk cuaca panas seperti ini rasanya juga kurang cocok jika menikmati sayur yang berkuah santan.Tapi saking lamanya saya dan suami tidak menikmati sayur bersantan kangen juga.Sayur ini simpel banget.Hasil nyontek saya dari mendiang ibu mertua.Kenapa saya sebut simpel? Karena bumbu-bumbunya hanya diiris-iris saja alias dirajang.Tidak perlu repot-repot menghaluskan pake ulegkan.Jangan ditanya sedep bener rasanya.Seneng rasanya kalo nemu cara yang demikian,apalagi untuk orang seperti saya yang males angkat-angkat cobek batu besar yang berat.Karena saya pribadi agak males pakai blender kalo untuk urusan menghaluskan bumbu.Kecuali satu,menghaluskan cabai merah besar,hehehe.......


SAYUR GODOG TEMPE

Bahan :
- 600 gr tempe,potong kotak 3x3 cm
- 350 gr daging tetelan,potong-potong
- 1/2 butir kelapa dijadikan 200 ml santan kental dan 900 ml santan encer
- 400 ml air
- 1 ibu jari laos,kupas dan geprek
- 2 lembar daun salam
- 15 buah cabai rawit merah,buang tangkainya
- 50 gr gula merah,sisir
- 3 sdt + 1/4 sdt garam
- 2 sdm minyak untuk menumis
Bumbu iris :
- 10 butir bawang merah
- 4 butir bawang putih
- 8 buah cabai rawit merah
- 2 buah cabai merah besar
- 2 buah tomat merah

Cara membuat :
  • Panaskan minyak,tumis bumbu iris hingga matang dan berbau harum.Masukkan laos,cabai rawit merah dan daun salam.
  • Masukkan daging tetelan,aduk hingga berubah warna.Masukkan tempe,tuangi air.Aduk-aduk hingga tempe matang dan air menyusut.
  • Masukkan santan encer sedikit demi sedikit.Masak hingga air santan encer agak berkurang,masukkan garam dan gula merah.
  • Tuangi santan kental setengahnya.Koreksi rasa.
  • Masukkan sisa santan kental,aduk kembali hingga mendidih.Angkat.
  • Sajikan.
Nah mudah kan.Rasanya akan semakin enak kalo sayur ini sudah menginap sehari.Pedes,gurih dan sedikit manis.Karena sayur ini tak mengunakan penyedap sama sekali maka sebagai gantinya adalah kaldu dari daging sapi (tetelan).Anda bisa mengantinya dengan udang atau daging sapi (has dalam dengan sedikit lemak).Tentu saja yang menikmati sayur ini hanya saya,suami dan sulung saya.Dan ke tiga adiknya maem semur daging dan kentang.Kondimen sayur tempe? Krupuk hehehe,......kriuk yang satu ini tak pernah ketinggalan.


Hayo dicoba,semoga sesuai dengan selera anda......

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...