Jumat, Desember 25, 2015

Bistik Tahu Saus Lada Hitam




Assalamu'alaikum.......
Apa kabar semua???.......Tidak terasa ya kita sudah berada dipenghujung tahun 2015,begitu cepat waktu berlalu.Saya yakin sekarang pasti pada liburan deh,apalagi yang sudah memiliki putra dan putri yang sudah bersekolah.Pada liburan semester kemana?....heheheh.....

Kali ini saya akan share resep bistik tahu.Resep aslinya sih dari mb Hesti.Tapi kalo di mb Hesti pakai tempe.Karena anak-anak saya suka dengan tahu makanya tempe saya ganti dengan tahu saja.Juga telur saya ganti dengan putih telur.Karena stok putih telur saya sedang melimpah.
Langsung ke resepnya saja ya.....

BISTIK TAHU SAUS LADA HITAM

Bahan  :
- 400 gr tahu kukus selama 15 menit dengan api sedang,haluskan,peras airnya tapi jangan sampai kering.Asal air dari kukusan tahu berkurang.
- 100 gr daging giling
- 200 gr bawang bombay
- 100 gr tepung panir halus
- 300 ml putih telur
- 6 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt pala bubuk
- 1/2 sdt kaldu bubuk-----saya tak pakai,sebagai gantinya saya tambahkan 1/2 sdt garam+1/4 sdt gula pasir
- 1/2 sdt gula pasir
- 1 batang daun bawang,cincang halus
- garam secukupnya
- margarin dan minyak secukupnya untuk memanggang

Saus Lada Hitam   :
- 1 sdm margarin
- 1/4 buah paprika,iris panjang
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt merica hitam,tumbuk kasar
- 2 sdm saus tomat
- 1 sdm kecap manis
- 1 sdm saus tiram-----saya pakai saus tiram yang non Msg
- 1 sdt gula pasir
- garam secukupnya
- 300 ml air kaldu (jika tak pakai gunakan air putih biasa tapi tambahkan sedikit garam dan gula)
- 2 sdm maizena,kentalkan dengan sedikit air-----saya hanya pakai 1 sdt

Pelengkap (optional)  :
- kentang goreng
- wortel,rebus sebentar
- buncis,rebus sebentar

Cara membuat steak tahu   :
  • Panaskan sedikit minyak diwajan.Masukkan bawang bombay yang sudah dicincang dan dan 1 buah bawang putih yang sudah dicincang.Tumis sampai warnanya berubah menjadi transparan dan baunya wangi(sudah tidak langu lagi).Angkat.Biarkan uap panasnya hilang.
  • Masukkan tumisan bawang bombay dan bawang putih ke dalam tahu kukus halus.Tambahkan daging giling,tepung panir dan putih telur.Aduk rata.Tambahkan cincangan daun bawang.
  • Haluskan 5 siung bawang putih dan merica bubuk.Masukkan dalam adonan tempe.Tambahakan pala bubuk,kaldu bubuk(jika pakai) dan gula pasir serta garam secukupnya.Uleni hingga rata.Bentuk pipih seperti burger.
  • Letakkan dalam loyang bersemir margarin dan sedikit minyak.Tata dalam loyang,beri sedikit minyak diantara masing-masing burger.Oven selama 15-20 menit (dibolak balik) dalam oven yang bersuhu 175'C.Angkat.
  • Dinginkan.Kalau mau disimpan dalam jangka waktu lama bisa dimasukkan dalam plastik,lalu disimpan lagi dalam wadah kedap udara.Ketika akan disajikan tumis kembali dengan sedikit margarin dan minyak di pan dadar atau teflon.
Cara membuat saus lada hitam  :
  • Panaskan margarin.Masukkan bawang bombay.Tumis hingga layu dan transparan warnanya berubah agak kecoklatan.masukkan bawang putih,tumis hingga wangi.
  • Tambahkan saus tomat,saus tiram dan kecap manis.Aduk rata.Tambahkan air kaldu,merica hitam,sedikit garam dan gula.Aduk rata.
  • Masukkan larutan maizena.Aduk hingga mendidih.Koreksi rasa.Tambahkan bila ada yang kurang.






Soal rasa jangan ditanya enaaaaaaakkkk buangetttt.Sudah beberapa kali saya buat bistik tahu ini.Tapi baru sempat kali ini saya publish diblog.Pernah juga pakai yang whole eggs.Jika pakai whole eggs pakai sekitar 3-4 butir,Tergantung besar kecilnya telur.Kenapa saya pakai saus tiram yang non Msg?Karena saya ingin seminimal mungkin ndak pakai Msg.Sudah 15 tahun saya hidup tanpa Msg.Ada saus tiram yang tanpa kandungan Msg,biasanya saus tiram untuk vegetarian.Bahan utama yang tertera dalam kemasan botol adalah jamur shitake.Tetep enak kok rasa saus steaknya meski tidak mengunakan saus tiram yang ber-Msg.....
Maizena saya hanya pakai 1 sdm saja,karena kalo sudah agak dingin jadi kental banget,susah ngalir jika dituang.Untuk sayuran bisa pakai suka-suka saja.Sebenarnya saya pakai brokoli,tapi sudah habis duluan,anak-anak sangat suka dengan brokoli.Untung saja dikulkas masih ada buncis(bukan baby buncis sih,tapi buncis yang akan saya gunakan untuk bikin sup).....hehehe
Rasa saus lada hitamnya sedikit manis dan ada semriwing pedes dari lada hitamnya.Rasa steak tahunya manisnya samar saja.Jangan dibuat asin yaa....
Highly recommended......

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Hai mba aku Rima dtg lg,bistik tahunya sdh aku cb mmg bener2 top markotop.Sippppp,tp ada yg ingin aku tanyain mmg hsl jadi bistik tahu ini padet gitu ya mba?Over all enaklah mba,ngk kalah sama yg diresto

Anonim mengatakan...

Oh yah ada yglupa mau aku tanyain,mba Ida lan juga bikin kueh buat dijual yah mba,maap bukannya aku kepo,krn aku baca hampir smua tlisan mba diblog mba jarang pakai bhan pgembang kueh(emulsifier,soda,bp) apa itu jgberlaku utk jualan mba?maap lo mba jk krg berkenan.Trus apalagi Msg dn 1lg slalu pke ayam kampung

Anonim mengatakan...

Xixixi,jd panjang pertanyaanku yah mba.Btw mba bljar dekor dimn,mksud Rima kursus kah?maaf lg aku sometimes sk contek.Dekor mb itu elegan dn gk norak,sk Rima.Mksih yah mba,maap kpanjngan.Salam dr Rima buat mba skluarga

Unknown mengatakan...

Mb Rima,maaf baru bisa balas complimentnya.Alhamdulillah sudah mau mencoba resep dari dapur saya.Mengenai bahan pengembang memang jarang saya pakai,misalkan memakaipun memang saya kurangi dari takaran yang tertera dalam resepnya.Kalo dengan monosodium glutamat memang sudah lama kami tak memakai mb.Soal dekor itu saya hanya learning by doing saja mb,kebetulan saya bergabung dengan milis NCC teman-temannya banyak dan Alhamdulillah beliau-beliau tidak pelit ilmu.Soal kursus belum pernah mb,karena kalau kursus harus ke Surabaya dulu,itu yang saya belum bisa waktunya karena saya masih mempunyai balita.Alhamdulillah jika dekor saya yang ala kadarnya bisa menginspirasi mb Rima,hehehe.Terima kasih sudah mampir ya mb dan terima kasih berkenan meninggalkan komen.Salam juga buat mb Rima sekeluarga.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...